Tak diangkat pegawai tetap, tenaga outsourcing Bank Sumut demo

Senin, 1 September 2014 13:47 Reporter : Yan Muhardiansyah
Demo outsourcing di Medan. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Demo ratusan tenaga outsourcing dan sejumlah pegawai PT Bank Sumut, Senin (1/9), berujung pada aksi sweeping. Para pengunjuk rasa memaksa masuk ke kantor pusat bank daerah itu di Jalan Zainul Arifin, Medan, untuk mencari para direktur.

Para pengunjuk rasa melakukan sweeping karena mereka memaksa ingin bertemu langsung dengan direksi PT Bank Sumut. Mereka ingin meminta penjelasan langsung dari pemangku kebijakan di bank daerah itu.

Pengunjuk rasa berhasil merangsek masuk ke dalam gedung. Mereka sempat bersitegang dengan petugas keamanan kantor direksi di lantai III Gedung Bank Sumut. Seorang petugas juga sempat dilempar botol air mineral setelah membentak pengunjuk rasa.

Di kantor direksi, pengunjuk rasa tidak menemukan seorang pun direktur di sana. Mereka kemudian diusir polisi ke luar gedung.

Seperti aksi sebelumnya, para tenaga outsourcing menuntut untuk segera diangkat sebagai karyawan tetap. Mereka juga menuntut agar jajaran direksi PT Bank Sumut segera diganti, karena dinilai telah mengurangi kesejahteraan tenaga outsourcing dan memicu perpecahan.

"Kami meminta agar pengangkatan pegawai harus dilaksanakan karena telah dijanjikan sejak 2013. Kami juga menolak keberadaan vendor outsourcing yang ditawarkan PT Bank Sumut, karena itu bukan solusi tepat untuk meningkatkan kesejahteraan," ucap Effendi Sibarani, koordinator aksi.

Dia memaparkan, saat ini terdapat 1.700 orang tenaga outsourcing di PT Bank Sumut, di antaranya bertugas sebagai sopir, satpam, dan office boy. Mereka telah dijanjikan akan diangkat menjadi pegawai tetap, namun belum juga terealisasi. "Padahal ada di antara kami yang telah bekerja belasan hingga puluhan tahun," sambung Effendi.

Bukan hanya tenaga oursourcing, aksi juga didukung sejumlah pegawai tetap. Sebagai bentuk dukungannya, mereka meletakkan badge di halaman Bank Sumut. Mereka sempat berjoget bersama di sela-sela unjuk rasa.

Namun demo ini tidak berpengaruh banyak terhadap aktivitas di Bank Sumut. Pelayanan terhadap nasabah terlihat tetap berlangsung normal. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Demo
  2. Outsourcing
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.