Tak cuma Surya Paloh, abangnya Rusli Paloh juga disebut disuap PTUN

Senin, 5 Oktober 2015 09:41 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Tak cuma Surya Paloh, abangnya Rusli Paloh juga disebut disuap PTUN Agung Laksono bertemu Surya Paloh. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - nama Ketua Umum Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh belakangan terseret dalam kasus suap hakim PTUN Medan yang melibatkan Gubernur Sumut non aktif Gatot Pujo Nugroho dan pengacara kondang OC Kaligis. Namun rupanya, kasus ini juga menyeret nama kakak dari Surya Paloh, yakni Rusli Paloh.

Nama Rusli Paloh disebut dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) anak buah OC Kaligis, Yagari Bhastara Guntur alias Gary. Dalam dokumen yang diperoleh merdeka.com, Gary menjelaskan peran dan sepak terjang Rusli Paloh sebagai orang yang dekat dengan Kejaksaan Agung.

Ceritanya, istri muda Gatot, Evy Susanti khawatir dengan laporan anak buah Wakil Gubernur Sumut Tengku Erry, Bahar Sigian, dalam kasus bansos ke Kejaksaan Agung. Laporan Bahar terkait kasus bansos Sumut ini menjadi awal pula perkara suap hakim PTUN terjadi.

Evy mengaku mendapat laporan dari orang yang bernama Riki terkait proses pelaporan Bahar ke Kejaksaan Agung. Menurut informasi itu, Kejaksaan Agung tetap memproses laporan itu, meskipun pihak Gatot sedang memperkarakan pemanggilan kasus Bansos ini di PTUN Medan.

"Ibu Evi memberitahukan kepada saya alasan dia kenapa selalu bertanya, karena menurutnya info dari pihak Riki yang menyampaikan ada target sebelum lebaran berdasarkan informasi dari kejaksaan agung," kata Gary dalam BAP 4 Agustus 2015 saat diperiksa oleh penyidik KPK Fernando di halaman 8, dikutip merdeka.com, Senin (5/10).

Gary yang dalam BAP ini melakukan kontak langsung kepada Evy kemudian disadap oleh KPK menjelaskan, Riki meminta kepada istri muda Gatot itu untuk melobi Kejaksaan Agung. Tujuannya agar mendapatkan informasi tentang siap target Kejagung usai Lebaran tersebut, apakah benar Gatot.

Kemudian, lanjut isi BAP Gary, Evy menyarankan kepada Riki untuk langsung menemui Gatot di Medan. Selanjutnya, Evi bercerita kepada Gary ada pertemuan empat mata antara Gatot dan Riki. Evy menyatakan, lanjut Gary, ada orang pemprov yang selalu melengkapi berkas dugaan korupsi bansos di Kejagung untuk ditindaklanjuti yakni Bahar Siagian (orangnya Tengku Erry).

"Dan Ibu Evy sampaikan Riki dibantu oleh abangnya Surya Paloh, dan Pak Riki nanya info perkembangan melalui Rusli Paloh dan Rusli Paloh menyampaikan kepada Pak Riki bahwa perkembangan di kejaksaan lanjut terus dan justru yang membantu melengkapi berkas adalah orang-orang pemprov (Bahar)," terang Gary di BAP halaman delapan.

Seperti diketahui, kasus ini bermula laporan Bahar, orang dekat wagub Sumut Tengku Erry (NasDem) atas dugaan korupsi bansos Pemprov Sumut ke Kejagung. Saat panggilan datang untuk Kabiro Keuangan Pemprov Sumut Ahmad Fuad Lubis, surat itu menyatakan Gatot sudah menjadi tersangka. Kemudian Gatot dibantu istrinya Evy meminta bantuan kepada pengacara OC Kaligis, akhirnya melakukan gugatan ke PTUN.

Agar menang, OC Kaligis pun menginisiasi suap terhadap hakim PTUN Medan. Aksi ini pun terendus yang kemudian KPK melakukan tangkap tangan terhadap hakim PTUN Medan serta anak buah OC Kaligis yakni Gary. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini