Tak ada angkutan umum di kampung halaman Ahok

Senin, 16 September 2013 04:02 Reporter : Nurul Julaikah
Tak ada angkutan umum di kampung halaman Ahok Salah satu sudut di Belitung Timur. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Di Belitung Timur jangan harap akan mendapatkan sarana transportasi umum semacam angkutan kota (Angkot) yang berseliweran. Sebab, di kota yang lebih terkenal dengan julukan Laskar Pelangi ini memang tidak ada angkutan umum.

Menurut salah satu warga Kecamatan Manggar, Dian, angkutan umum di kota kecil ini dulu pernah diadakan saat Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok ) menjadi Bupati Belitung Timur. Namun, jasa transportasi umum justru tidak laku, karena warga lebih senang menggunakan kendaraan sendiri.

"Kalau di dalam kota tidak ada, adanya ojek," kata Dian di Manggar, Belitung Timur, Minggu (15/9).

Perempuan berperawakan agak tambun tersebut mengaku penduduk di Belitung Timur lebih baik menggunakan sepeda motor. Bahkan satu keluarga bisa mempunyai empat sepeda motor.

"Di sini lebih banyak yang milih pakai motor. Satu rumah aja bisa punya empat motor," jelasnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh salah warga Belitung Timur, Isran (40). Bapak satu anak tersebut mengaku transportasi umum biasa disediakan untuk mengantar warga dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin, Tanjung Pandan menuju kota Belitung Timur.

Tarif yang dipatok beraneka ragam, untuk ukuran bus sedang berisi sekitar 20 penumpang di sewa sehari oleh rombongan seharga Rp 1,8 juta. Untuk mobil jenis Avanza ditarif Rp 50 ribu per orang jika hanya mengantar dari bandara menuju kota Belitung. Tetapi, jika ingin menyewa sehari dipatok Rp 350 ribu plus sopir tanpa bensin.

Di Belitung Timur, suasana tidak begitu ramai. Sekitar pukul 21.00 WIB sudah tak ada lalu lalang kendaraan di jalanan di kota. Berbeda, jika berada di desa atau kampoeng, pukul 20.00 WIB sudah sepi.

Hanya warung kopi yang masih menghidupkan kota penambang timah itu. Suasana pantai, hutan masih kental sekali. Karena memang daerah ini dikelilingi oleh laut, gunung dan hutan. [hhw]

Baca juga:
Ahok beberkan ratusan hektare tanah Tommy di Belitung Timur
Di kampung halaman Ahok banyak tambang timah yang tak terurus
Cerita Ahok borong novel Laskar Pelangi agar difilmkan
Kisah rumah dinas Ahok di Belitung Timur berhantu none Belanda

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ahok
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini