Tahun 2020, Aceh bertekad jadikan kiblat busana muslim

Selasa, 24 Juni 2014 16:24 Reporter : Afif
Tahun 2020, Aceh  bertekad jadikan kiblat busana muslim busana muslim. ©2013 Merdeka.com/M. Luthfi Rahman

Merdeka.com - Guna melestarikan berbagai macam jenis dan motif pakaian busana Muslimah, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan menjadikan negeri serambi Mekkah itu sebagai kiblat penggunaan busana muslim di Indonesia pada tahun 2020 mendatang.

"Untuk mengangkat dan melestarikan ragam hias motif Aceh dengan memberikan ruang kreativitas bagi perancang muda di Aceh yang berbakat. Sehingga motif-motif busana muslimah di Aceh dapat disukai baik nasional dan internasional," kata Kepala Disbudpar Aceh, Reza Fahlevi, Selasa, (24/6) di Banda Aceh.

Kata Reza, Indonesia adalah bangsa yang penduduk muslim terbesar di dunia, tentunya industri fashion akan bisa menembus pasar dunia. Sehingga Aceh yang menerapkan syariat Islam pada 2020 mendatang akan menjadi kiblat penggunaan pakaian muslimah dikarenakan daerah yang menerapkan syariat Islam.

"Nah, Aceh yang penduduknya mayoritas muslim dan berbusana muslimah maka sudah saatnya Aceh menjadikan dirinya sebagai Kiblat busana muslim Indonesia 2020," akuinya.

Sejauh ini menurut Reza, busana muslim di Indonesia sudah sangat terkenal. Bahkan beberapa negara tetangga banyak yang datang dan membeli berbagai busana muslim dari butik-butik Muslimah di Indonesia. Terutama di Aceh yang banyak memiliki motif pakaian muslimah yang dijahit oleh putra-putri Aceh nantinya.

"Dengan penerapan Islam, Aceh sudah sepantasnya menjadi sebagai kiblat busana muslim di Indoensia, dan Aceh harus mampu menunjukkan jadi diri yang bernuansa Islami," jelasnya.

Dalam pencanangan awal, Disbudpar Aceh sudah mengadakan Lomba Merancang Baju Muslim (LMBM-2014) yang berakhir pada 5 Juni 2014 lalu. Kegiatan tersebut berkerja sama dengan Jurusan Tata Busana FKIP Unsyiah, Banda Aceh untuk mencari bakat muda dalam merancang busana muslimah.

"Baru-baru ini Aceh sudah melaksanakan sebuah even Lomba Merancang Baju Muslim, dengan misi menjadikan Aceh sebagai kiblat busana muslim Indonesia di tahun 2020, yang mengangkat tema Kreasi Busana Muslim Batik Aceh Ibu dan Anak," tutup Reza. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Aceh
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini