Syam Organizer Tak Tercatat Sebagai Lembaga Amal Zakat di Kemenag Yogyakarta

Selasa, 6 April 2021 12:09 Reporter : Purnomo Edi
Syam Organizer Tak Tercatat Sebagai Lembaga Amal Zakat di Kemenag Yogyakarta Kantor Syam Organizer. ©2021 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Densus 88 menggeledah kantor Syam Organizer yang berada di Jalan Suryodiningratan nomor 605, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Minggu (4/4). Syam Organizer sendiri adalah sebuah lembaga penggalangan dana sosial dan publik.

Kepala Kanwil Kemenag Kota Yogyakarta, Nur Abadi mengatakan, hingga saat ini Syam Organizer belum tercatat di Lembaga Amil Zakat (LAZ).

"Belum itu (terdaftar di LAZ). Kita kaget selama ini tidak ada laporan dari siapa pun dan kelihatannya memang tertutup," katanya saat dihubungi, Selasa (6/4).

Dia menjabarkan jika hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan dari warga sekitar terkait aktivitas kegiatan Syam Organizer.

"Enggak ada sama sekali (laporan warga). Kemudian ketika kami minta dari KUA bahkan Pak RT saja enggak tahu. Melihat sering ada orang datang tapi enggak tahu kegiatannya," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Kanwil Kemenag, Misbahrudin menegaskan, Syam Organizer tidak tercatat sebagai LAZ. Bahkan nama Syam Organizer tidak ada dalam daftar 41 organisasi pengelola amil dan zakat di DIY.

"Jadi di kami Se-DIY ada 41 amil atau organisasi pengelola zakat. 6 itu Baznas, 1 Baznas DIY. Kemudian yang 5 Baznas kabupaten kota. Kemudian yang 35 itu lembaga amil zakat (LAZ)," jelasnya.

"Dari 35 itu yang sudah berizin ada 29. Jadi yang belum berizin tinggal 6. Di data kami yang masang kotak infaq di data kami (Syam Organizer) tidak ada," pungkas Misbahrudin. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini