Survei Indikator November 2022: Ridwan Kamil Paling Banyak Dipilih jadi Cawapres

Kamis, 1 Desember 2022 15:01 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Survei Indikator November 2022: Ridwan Kamil Paling Banyak Dipilih jadi Cawapres AHY dan Ridwan Kamil. ©2021 Merdeka.com/aksara bebey

Merdeka.com - Ridwan Kamil menempati posisi teratas sebagai tokoh yang dianggap paling pantas menjadi calon wakil presiden. Hal itu diungkap oleh survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis Kamis (1/12).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, hasil itu diperoleh berdasarkan simulasi dengan tiga calon presiden, yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Hasilnya, basis Anies cenderung memilih Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sandiaga sebagai cawapresnya.

"Basis Mas Anies itu cenderung terbagi ke tiga nama, ada pendukung Anies yang memilih Ridwan Kamil ada yang memilih Pak AHY, ada yang memilih Pak Sandi," kata Burhanuddin dalam jumpa pers virtual, Kamis (1/12).

Sedangkan, basis Ganjar cenderung memilih Ridwan Kamil dan Erick Thohir sebagai pendampingnya. Sementara, basis Prabowo cenderung memilih tiga nama seperti Ridwan Kamil, AHY dan Sandiaga Uno.

2 dari 2 halaman

Dalam simulasi, Ridwan Kamil mendapat elektabilitas 19,7 persen. Disusul AHY 16,3 persen, Sandiaga Uno 12,8 persen, Erick Thohir 9,6 persen dan Khofifah Indar Parawansa 5,3 persen.

Berikutnya, Andika Perkasa 3,3 persen, Puan Maharani 3,1 persen, Tri Rismaharini 2,7 persen, Susi Pujiastuti 2,2 persen, Mahfud MD 2,0 persen, Airlangga Hartarto 1,6 persen dan Gatot Nurmantyo 1,3 persen.

Selanjutnya, ada Sri Mulyani Indrawati 0,9 persen, Tito Karnavian 0,7 persen, Muhaimin Iskandar 0,6 persen, Moeldoko 0,2 persen, Zulkifli Hasan dan Salim Segaf Al-Jufri 0,0 persen.

Survei tersebut dilakukan pada 30 Oktober-5 November 2022. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.220 orang. Margin of error survei ini sekitar +-2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [tin]

Baca juga:
PPP Ungkap Mekanisme Menentukan Capres dan Cawapres yang Diusung KIB
NasDem Ungkap Kegiatan Anies Baswedan Kerap Dihentikan Pemda
Safari Politik Anies Baswedan di Aceh Terhambat Izin
Jokowi dan Prabowo yang 'Semakin Mesra', Tak Cuma Saling Puji Tapi Satu Mobil Bareng
Plt Ketum PPP: Kriteria Capres-cawapres KIB Sudah Mengerucut
Airlangga Ungkap Warna Parpol Bakal Gabung KIB: Nuansa Pakaian Sering Dipakai Jokowi
Safari Anies Baswedan di Aceh Terganjal Izin Pemakaian Taman Ratu Safiatuddin

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini