Survei Charta Politika: DPR lebih baik menjalankan fungsinya dibanding MPR dan DPD

Selasa, 28 Agustus 2018 16:52 Reporter : Nur Habibie
Survei Charta Politika: DPR lebih baik menjalankan fungsinya dibanding MPR dan DPD Charta Politika nilai DPR lebih baik. ©2018 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Charta Politika melakukan survei terhadap Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Survei dilakukan terkait lembaga mana yang paling baik menjalankan fungsinya.

Manajer Riset Charta Politika, Muslim Tanja mengatakan, DPR merupakan lembaga dianggap masyarakat paling baik dalam menjalankan fungsinya di bawah pimpinan Ketua DPR Bambang Soesatyo.

"DPR lebih unggul atau dianggap oleh masyarakat lebih baik menjalankan fungsinya dibanding MPR dan DPD," kata Muslimin di Penang Bistro, Jakarta Selatan, Selasa (28/8).

Dari hasil survei, DPR mempunyai nilai atau presentasi 34,8 persen dari penilaian 0-100. Sedangkan untuk MPR sendiri mempunyai nilai atau presentase dari masyarakat sebesar 12,8 persen.

"Untuk DPD peringkat terakhir dengan persentase 11,3 persen dan masyarakat yang tak memberikan penilaian atau tak tahu sebesar 41,1 persen," ujarnya.

Dia pun mengungkapkan, penilaian yang dilakukan oleh pihaknya ini dilakukan hanya di delapan kota besar di Indonesia saja dengan jumlah responden sebanyak 800 orang seperti di DKI Jakarta, Palembang, Medan, Semarang, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Makassar.

"Pemilihan responden dilakukan secara acak sistematis. Toleransi kesalahan phone survei (margin of eror) kurang lebih 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," ungkapnya.

"Kenapa di delapan kota besar saja karena juga terkait waktu," sambungnya.

Meskipun DPR lebih baik dalam menjalankan fungsinya dibanding dengan MPR dan DPD, tapi, DPR ternyata dalam menjalankan kinerja lebih rendah dibandingkan penilaian buruknya.

"Masyarakat menilai DPR baik itu dengan persentase 27,5 persen dan justru DPR dinilai buruk 29,8 persen. Itu lebih tinggi daripada yang menilai baik," jelasnya.

Kendati demikian, DPR justru mempunyai persentase lebih tinggi dalam melakukan pengawasan kinerja eksekutif sebesar 32,3 persen.

"Masyarakat menilai buruk kinerja DPR dalam pengawasan kinerja eksekutif sebesar 24,3 persen," pungkasnya. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini