Surpres Nama Pengganti Jenderal Andika Perkasa, Ali Ngabalin: Sudah Ada

Selasa, 22 November 2022 16:13 Reporter : Merdeka
Surpres Nama Pengganti Jenderal Andika Perkasa, Ali Ngabalin: Sudah Ada Ngabalin lapor polisi. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Teka-teki tentang siapa sosok Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa semakin terlihat. Nama tersebut tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) yang saat ini tengah berada di Istana.

Jika melihat rentang waktu masa dinas Panglima TNI, Jenderal Andika akan mengakhiri masa dinas keprajuritannya pada 21 Desember 2022. Hal itu merujuk pada Pasal 53 UU No. 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Aturan itu menyebut, prajurit TNI dapat melaksanakan dinas keprajuritan sampai usia paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun bagi perwira dan 53 (lima puluh tiga) tahun bagi bintara dan tamtama.

Diketahui, usia Andika saat ini sudah memasuki 57 tahun dan akan genap memasuki usia ke-58 pada 21 Desember mendatang. Artinya tinggal satu bulan lagi tenggat waktu Istana berkirim surat presiden atau Surpres kepada DPR RI.

2 dari 2 halaman

Terkait Surpres, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, surat tersebut tinggal menunggu waktu yang tepat dikirim ke DPR. Menurutnya, sejauh ini Surpres tersebut telah ada di Istana.

“Presiden tahu karena semua jadwal di Istana, baik di Sekretariat Negara, di Sekretariat Kabinet ada, maupun di Kantor Staf Presiden juga ada. Sudah ada jadwalnya kapan presiden (ngirim surpres ke DPR). Jadi surat presiden dalam rangka pergantian panglima itu, sudah ada, tinggal soal waktu saja,” katanya di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (22/11).

Soal kapan waktunya, dia memastikan akan dikirimkan dalam waktu dekat. Namun, Ali meminta tidak ada pihak coba menyegerakan karena semua sudah dikoordinasikan waktunya.

“Saya kira tidak lama dan hanya soal waktu saja. Presiden punya kewenangan untuk menetukan siapa yang nanti jadi panglima,” tutupnya.

Reporter: M Radityo/Liputan6.com

[fik]

Baca juga:
Puan Minta Jokowi Segera Kirim Nama Calon Panglima TNI ke DPR
Anggota DPR Tegaskan Calon Panglima TNI Hak Prerogatif Presiden, Tidak Bisa Dipaksa
DPR Desak Jokowi Segera Kirim Nama Calon Panglima TNI Sebelum 24 November
Anggota DPR soal Pengganti Jenderal Andika Perkasa: Kami Yakin Pasti yang Terbaik
Wakil Ketua MPR Nilai Kasad Dudung Potensial Jadi Panglima TNI, Ini Alasannya
Nama Calon Panglima TNI sudah Dipegang Jokowi, DPR: Kita Belum Terima Surpresnya
Jokowi Sudah Kantongi Nama Calon Panglima TNI Pengganti Jenderal Andika Perkasa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini