Surpres Jokowi Soal Calon Kapolri Diserahkan ke DPR Rabu Wage?

Selasa, 12 Januari 2021 07:56 Reporter : Tim Merdeka
Surpres Jokowi Soal Calon Kapolri Diserahkan ke DPR Rabu Wage? Presiden Joko Widodo. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Lima nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis telah diserahkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan lalu. Namun hingga kini, Presiden Jokowi belum mengajukan nama calon pengganti Jenderal Idham Azis yang pensiun pada 25 Januari mendatang.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memprediksi surat presiden berisi nama Kapolri baru dikirimkan Jokowi ke DPR pada Rabu (13/1). Pemilihan hari itu menurut Neta, berkaca pada kebiasaan Jokowi kerap memilih hari Rabu dalam mengambil keputusan seperti reshuffle kabinet.

"Kenapa Rabu? Hal ini berkaitan dengan kebiasaan Jokowi yang kerap menunjuk atau mereshuffle kabinetnya pada hari Rabu pahing atau legi, dan Rabu lusa adalah Wage. Surpres soal kapolri baru itu akan dibawa Mensesneg Pratiknyo dan diserahkan langsung kepada Ketua DPR Puan Maharani pada Rabu 13 Januari 2021 pukul 11.00 WIB," kata Neta dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/1).

Neta mengatakan, nama calon Kapolri baru diajukan ke DPR merupakan kewenangan Jokowi. Namun dia melihat sejak beberapa waktu lalu paket dua nama langsung Kapolri dan Wakapolri serius digodong lingkaran Istana.

"Setelah Kompolnas menyerahkan lima nama calon Kapolri pada Jumat 8 Januari 2021, Presiden memilih satu nama yang pada Rabu 13 Januari 2021 akan diserahkan kepada DPR agar Komisi III DPR bisa melakukan uji kepatutan, sebelum Kapolri Idham Azis pensiun pada 25 Januari 2021," ujar dia.

Baca Selanjutnya: DPR Belum Terima Nama Calon...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini