Surat Suara Kurang, Bawaslu Bekasi Rekomendasikan Coblosan Ulang di 10 TPS

Kamis, 18 April 2019 03:33 Reporter : Adi Nugroho
Surat Suara Kurang, Bawaslu Bekasi Rekomendasikan Coblosan Ulang di 10 TPS distribusi logistik pemilu ke TPS. ©2019 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Badan Pengawas Pemilu Kota Bekasi merekomendasikan pemungutan suara susulan di 10 TPS. Pasalnya, kesepuluh TPS tersebut kekurangan surat suara selama proses pencoblosan yang berlangsung hari ini.

"Di Bekasi Utara ada 3 TPS, Bekasi Timur 1, ada juga di Jatiasih, Medansatria, sekarang masih diinventarisasi," kata Kepala Divisi Pengawasan pada Bawaslu Kota Bekasi, Ali Mahyali, Rabu (17/4).

Menurut Ali, di sepuluh TPS tersebut tak bisa mencoblos sebagian surat suara dari lima jenis yang ditetapkan di antaranya Pilpres, DPD, DPR, DPRD Jawa Barat dan DPRD Kota Bekasi.

"Ada yang tidak ada surat suara Pilpres, kemudian di Bekasi Utara itu tidak ada surat suara DPRD. Jadi yang mereka coblos hanya empat jenis surat suara, kebanyakan yang kurang untuk Pilpres," ujar Ali.

Ali mengatakan, penyebab kekurangan surat suara untuk DPRD karena tertukar. Sedangkan untuk Pilpres, menurut dia, disebabkan karena kekurangan pengiriman dari KPU.

"Kurang itu disebabkan karena rusak sejak dari percetakan, sebab sebelum didistribusikan surat suara dilipat dan disortir," kata dia.

Ali mengatakan, lembaganya telah berkirim surat kepada KPU Kota Bekasi terkait rekomendasi pemungutan suara susulan. Menurut dia, pemungutan hanya dilakukan pada surat suara yang mengalami kekurangan.

"Jadi bukan pemungutan ulang, tapi susulan," ujar dia. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini