Suporter Sepak Bola Yogyakarta-Solo Berdamai, Gibran Pasang Reklame

Rabu, 5 Oktober 2022 14:21 Reporter : Arie Sunaryo
Suporter Sepak Bola Yogyakarta-Solo Berdamai, Gibran Pasang Reklame Papan reklame "Mataram is Love" di pintu masuk Stadion Manahan Solo. ©2022 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Perdamaian suporter sepak bola wilayah Solo-Yogyakarta yang didengungkan di Stadion Mandala Krida menjalar ke Kota Solo. Satu papan reklame bertuliskan "Mataram Is Love" lengkap dengan logo Persis Solo, PSS Sleman dan PSIM Yogyakarta terpampang di pintu masuk Stadion Manahan, Rabu (5/9).

Pantauan di lokasi, logo Persis Solo didominasi warna merah diapit logo PSS Sleman berwarna hijau dan PSIM Yogyakarta berwarna biru. Di bawah logo tertera tulisan huruf balok berbunyi "MATARAM IS LOVE". Di bawahnya lagi ada tulisan hashtag #SUPORTERINDONESIABERSATU. Di deretan paling bawah dipasang emoticon apel dengan warna biru,merah dan hijau.

Papan berwarna dasar putih itu diketahui baru ada di lokasi setelah pendukung Persis Solo melakukan doa bersama untuk para korban tragedi Stadion Kanjuruhan Malang bersama pendukung PSIM dan PSS Sleman di Stadion Mandala Krida, Selasa (4/09) malam.

2 dari 3 halaman

Rivalitas 90 Menit

Presiden Pasoepati Maryadi Gondrong mengatakan, saat para pendukung Persis Solo berangkat ke Yogyakarta, Selasa (4/9) sore, papan reklame tersebut belum ada.

"Kami pada waktu berangkat belum ada. Menarik itu, yang memasang Pemkot sepertinya, kalau suporter belum," jelas Maryadi.

Namun demikian, dirinya mengingatkan agar pendukung Persis Solo dan PSIM (Brajamusti dan Maiden) hanya rival dalam 90 menit. Yakni ketika dua kesebelasan Persis Solo dan PSIM bertanding.

"Rivalitas itu hanya 90 menit. Di luar pertandingan ya teman, sahabat sesama suporter," lanjut dia.

3 dari 3 halaman

Apresiasi Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengakui bahwa dirinyalah yang menginginkan reklame bertuliskan "Mataram Is Love" itu dipajang di salah satu pintu Stadion Manahan Solo.

"Emang tak kon (memang saya suruh) memasang. Ini sebagai tindak lanjut dan simbol perdamaian," tandasnya.

Gibran juga mengapresiasi adanya inisiatif dari pendukung PSIM yang mengundang suporter Persis Solo untuk menggelar doa bersama. "Kami apresiasi inisiatif dari para suporter luar biasa sekali," pungkasnya. [yan]

Baca juga:
Gibran Minta Pendukung Persis Solo Belajar dari Insiden Kanjuruhan
Gibran Siapkan 200 Rumah Buat ASN di Solo yang Belum Punya Hunian
Didampingi Gibran, Puan Bagikan 1.000 Paket Sembako ke Warga Solo
Presiden UEA Akan Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo
Bertema Jadul, Begini Pemotretan Keluarga Gibran Rakabuming Pakai Baju Adat Jawa
Mengungkap Kunjungan Incognito Gibran ke Rocky Gerung: Pak Kritik Saya dong

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini