Sungai Cakalang Meluap, Tiga Kelurahan di Palopo Terendam Banjir

Kamis, 6 Oktober 2022 14:56 Reporter : Ihwan Fajar
Sungai Cakalang Meluap, Tiga Kelurahan di Palopo Terendam Banjir Banjir di kawasan Kemang. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan Sungai Cakalang meluap. Akibatnya tiga kelurahan di Kota Palopo diterjang banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan, M Firda mengatakan hujan yang mengguyur Sulsel, khususnya Kota Palopo sejak Rabu (5/10) malam menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir. Untuk di Kota Palopo, setidaknya tiga kelurahan terendam banjir.

"Tiga kelurahan terendam banjir seperti di Dangerakko, Salotellue, dan Ammasangan," ujarnya melalui pesan WhatsApp, Kamis (6/10).

Firda mengatakan saat ini BPBD Kota Palopo masih melakukan pendataan jumlah rumah terendam banjir. Tak hanya itu, BPBD Palopo juga masih melakukan pendataan warga yang mengungsi.

"Sampai sekarang BPBD Palopo masih melakukan assesment (pendataan). Termasuk juga upaya yang dilakukan kepada pengungsi korban banjir," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Firda menambahkan saat banjir di Kota Palopo sudah berangsur surut. Meski demikian, BPBD masih bersiaga mengingat laporan BMKG soal cuaca ekstrem masih akan terjadi.

Seorang warga, Arya mengaku banjir terjadi sekitar pukul 23.00 Wita. Saat itu, tiba-tiba air sudah setinggi pinggang meski hujan terjadi sejak sore.

"Air masuk rumah dan di depan sudah setinggi pinggang," kata dia.

Karena air sudah meninggi, dia dan keluarganya memutuskan untuk mengungsi. Apalagi saat itu, ada personel BPBD yang membawa perahu karet untuk mengevakuasi warga. [tin]

Baca juga:
Anies Resmikan Ruang Limpah Sungai di Jagakarsa, Konsep Baru Atasi Banjir
Anies Sebar 820 Pompa Air Antisipasi Banjir di Jakarta
Tanah Pemakaman Dekat Sungai Longsor karena Hujan Deras, Heboh Penampakan Kain Kafan
Ribuan Hektare Tembakau Tulungagung Terendam Banjir, Petani Diimbau Panen Cepat
PSI Nilai Penanganan Banjir di Jakarta Belum Ada Kemajuan
Gerebek Lumpur Kali Cideng

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini