Sumatera Selatan Jadi Pasar Peredaran Sex Toys dan Rokok Ilegal

Kamis, 5 Desember 2019 07:03 Reporter : Merdeka
Sumatera Selatan Jadi Pasar Peredaran Sex Toys dan Rokok Ilegal Sumsel Jadi Pasar Peredaran Sex Toys dan Rokok Ilegal. ©2019 Merdeka.com/Liputan6.com

Merdeka.com - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tidak hanya dikenal sebagai salah satu pasar narkoba di Indonesia. Namun kini juga sudah masuk dalam pasar peredaran rokok ilegal dan sex toys.

Sepanjang tahun 2019, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Wilayah Bagian Timur (Sumbagtim) mengungkap peredaran 8,5 juta batang rokok ilegal. Selain itu juga diamankan 136 unit sex toy yang berbentuk seperti alat berbentuk kelamin laki-laki, vibrator, boneka seks dan lainnya.

Kakanwil DJBC Sumbagtim, Dwijo Muryono mengatakan, kondisi geografis wilayah Sumsel yang berhadapan langsung dengan laut membuat pengiriman rokok ilegal lebih sulit terlacak. Terlebih banyak spot pelabuhan tikus yang digunakan dan jarang terpantau.

Kondisi geografis ini, membuat Sumbagtim menjadi tujuan utama peredaran rokok ilegal di Indonesia. Bahkan total penyebaran rokok ilegal di wilayah Sumbagtim ini sudah mencapai 17 juta batang.

"Rokok itu ada yang impor, ada juga pabrikan lokal. Provinsi Sumsel hanya jadi tempat pemasaran dan distribusi. Kami selalu memburu dengan melakukan operasi gempur rokok ilegal dan operasi bersinar berantas sindikat narkotika," ujarnya, saat menggelar pemusnahan barang ilegal di Kantor Bea Cukai Palembang, Rabu (4/12).

Baca Selanjutnya: Selain rokok ilegal dan sex...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini