Sumbangan untuk Penanganan Covid-19 Capai RP193 Miliar, 700 Ribu APD Didistribusikan

Kamis, 9 April 2020 17:33 Reporter : Merdeka
Sumbangan untuk Penanganan Covid-19 Capai RP193 Miliar, 700 Ribu APD Didistribusikan Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Pemerintah telah menerima dana Rp193 miliar untuk menangani Corona Virus Disease (Covid-19). Sumbangan dikumpulkan dari urunan masyarakat di dalam negeri dan WNI di luar negeri.

"Kita semua bersyukur bahwa hari ini sudah terhimpun lebih dari Rp193 miliar yang merupakan donasi dari semua kelompok masyarakat bahkan dari seluruh dunia," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Kamis (9/4).

Yurianto menyatakan keseriusan pemerintah dalam mengatasi Covid-19. Pemerintah sejauh ini telah lebih meneliti 16.000 spesimen dengan metode tes polymerase chain reaction (PCR). Juga menyiapkan 300 Rumah Sakit rujukan Covid-19.

"Diawaki oleh lebih dari 35.000 dokter dan 42.000 tempat tidur. Lebih dari 700.000 Alat Pelindung Diri (APD) sudah diadakan, dan sudah didistribusikan. Sementara stok yang kita miliki untuk didistribusikan lebih dari 300.000 unit APD," ucap dia.

Sementara itu, Yurianto menjelaskan, pemerintah juga menyiapkan pelbagai langkah perlindungan sosial dan stimulus ekonomi untuk menghadapi Covid-19.

"Nilainya lebih dari Rp405 triliun. Termasuk untuk perlindungan sosial dan berbagai keringanan biaya rumah tangga, dan keringanan iuran air listrik," ucap dia.

Menurut Yurianto, upaya ini akan menjadi sia-sia jikalau masyarakat tidak mematuhi berbagai ajurann yang disampaikan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Upaya-upaya pemerintah yang dilakukan tentunya akan sangat-sangat tergantung dari kepatuhan kita, kepatuhan masyarakat sebagai ujung tombak dari penghentian rantai Covid-19 ini," ucap dia.

Reporter: Ady Anugrahadi [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini