Sultan pantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi di BPPTKG Yogyakarta

Kamis, 24 Mei 2018 15:18 Reporter : Purnomo Edi
Sultan pantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi di BPPTKG Yogyakarta Sultan pantau aktivitas Merapi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Aktivitas Gunung Merapi terus mengalami peningkatan. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X memantau langsung perkembangannya di kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Sultan sempat melihat aktivitas Gunung Merapi melalui layar dan seismik milik BPPTKG. Sultan mengatakan, dalam penanganan Gunung Merapi hal penting yang diperlukan warga adalah perkembangan informasi secara berkala.

"Tahap itu sudah jadi warning bagi warga Merapi. Kalau konsisten menghindari korban, ada prosedurnya. Tinggal hanya manut apa tidak," ujar Sultan, Kamis (24/5).

Sultan menerangkan, biasanya Gunung Merapi mengalami peningkatan aktivitas terjadi setiap empat tahun sekali. Kondisi ini, katanya, sudah dipahami oleh warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi.

"Warga (lereng Merapi) mesti tahu, empat tahun sekali pasti terjadi. Mereka sudah menyimpan barang berharga untuk sewaktu-waktu dibawa saat merapi mengalami erupsi," ungkap Sultan.

Meskipun demikian, Sultan mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tenang menghadapi kondisi Gunung Merapi belakangan ini. Sultan juga mempersilakan apabila ada warga di lereng Gunung Merapi yang ingin mengungsi saat terjadi erupsi.

"Silakan bagi warga (saat erupsi) langsung mengungsi. Pemerintah harus memfasilitasi. Kami berharap lava (Gunung Merapi) tak keluar, karena erupsi yang selama ini terjadi hanya (tekanan) gas," jelas Sultan.

Sultan menerangkan saat ini kewenangan penanganan erupsi ada di tangan Pemerintah Kabupaten Sleman. Meskipun demikian, Pemerintah DIY siap jika diperlukan.

"Jika butuh bantuan, mesti membuat surat. (Pemerintah DIY) sudah menyiapkan dana tak terduga, sehingga bisa untuk keperluan apapun, embuh (entah) banjir, embuh apa," tutup Sultan. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini