Sultan HB X Sebut Pelaku Klitih Rata-rata Berasal dari Keluarga Menengah ke Atas

Jumat, 7 Februari 2020 13:59 Reporter : Purnomo Edi
Sultan HB X Sebut Pelaku Klitih Rata-rata Berasal dari Keluarga Menengah ke Atas Gubernur DIY, Sultan HB X. ©2020 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Kasus klitih atau kekerasan jalanan di Yogyakarta mendapatkan perhatian dari Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. Sultan HB X menyebut remaja pelaku klitih sebagian besar bukan berasal dari keluarga miskin namun justru keluarga menengah ke atas.

Sultan HB X menganalisis jika remaja pelaku klitih rata-rata menggunakan sepeda motor saat beraksi. Sultan HB X pun beranggapan jika remaja pelaku klitih bukan berasal dari kelas bawah.

"Rata-rata dengan (pelaku mengendarai) sepeda motor. Jadi pikiran saya bukan orang miskin tapi menengah ke atas," ujar Sultan HB X di Komplek Kantor Gubernur DIY, Jumat (7/2).

Dari survei yang ada, salah satu penyebab klitih adalah minimnya perhatian orang tua. Pergaulan anak lelaki yang terlalu bebas juga dinilai menjadi faktor pendukung maraknya klitih.

"Dalam pergaulan itu ada masalah sehingga mungkin laki-laki itu merasa jauh lebih bebas daripada wanita. Apa yang tadi saya utarakan Yogya darurat klitih misalnya. Misalnya dari survei ya itu kurang perhatian orang tua dan sebagainya," tegasnya.

1 dari 1 halaman

Sultan HB X meminta kepada orang tua agar lebih memerhatikan anaknya. Selain itu pola komunikasi antara orang tua dan anak harus diperbaiki.

"Sekarang semua orang punya handphone. Anaknya punya handphone bapaknya ibunya punya handphone. Tapi kalau say hello 'gimana nak kabar kamu' tidak pernah begitu kan," ungkap Sultan HB X. [ray]

Baca juga:
Berdalih Basmi Klitih, Pemuda Mabuk di Yogyakarta Aniaya Seorang Pria
Atasi Masalah Klitih, Sultan HB X Siapkan Pergub Khusus
Bertemu Gubernur DIY, Ketua DPR Puan Maharani Bahas Fenomena 'Klitih'
Sultan HB X Akan Bentuk Pokja Cegah Aksi Klitih
DPRD Sebut Aksi Klitih Bikin Orang Takut Pergi ke Yogyakarta

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini