Sultan HB X Pertimbangkan Penerapan PSBB di Yogyakarta

Jumat, 15 Mei 2020 20:27 Reporter : Purnomo Edi
Sultan HB X Pertimbangkan Penerapan PSBB di Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pemda DIY membuka peluang mengajukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk wilayah DIY. Dua alasan pengajuan PSBB yang sedang menjadi pertimbangan Pemda DIY adalah terus bertambahnya jumlah pasien positif virus corona dan tidak disiplinnya masyarakat dalam penerapan social distancing.

Gubernur DIY, Sultan HB X menyebut pihaknya masih terus melakukan upaya persuasif dan edukasi kepada masyarakat agar selalu disiplin dan mematuhi anjuran pemerintah terhadap Covid-19.

"Kita mencoba untuk tetap berdialog dengan warga untuk mematuhi protokol kesehatan itu. Harapan dari awal itu masyarakat itu bukan hanya jadi pelaksana dan korban kebijakan. Tapi juga membangun kesadaran di mana masyarakat itu tidak sekedar jadi objek pemerintah daerah, tapi subjek dalam proses," ujar Sultan HB X kepada wartawan, Jumat (15/5).

Sultan HB X mengisyaratkan kemungkinan penerapan PSBB di DIY. Meskipun demikian ada beberapa pertimbangan. Diantaranya adalah hasil tracing dari empat klaster di DIY.

"Kalau memang kita anggap dengan klaster-klaster itu positifnya dominan, reaktif itu kan tidak mesti positif, bisa negatif. Kalau nanti hasilnya negatifnya dominan (bagaimana), dan kita punya pertimbangan (jika dominan positif). Ya mungkin kita lakukan PSBB," papar Sultan HB X.

Sultan HB X menerangkan kedisiplinan masyarakat menjadi kunci dari pengendalian virus Corona. Salah satu bentuk disiplin adalah tetap berada di rumah selama masa pandemi virus Corona belum berakhir.

"Sebetulnya kita PSBB atau tidak kalau mereka patuh disiplin mengendalikan diri tinggal di rumah ya sebetulnya selesai kok masalahnya, tidak kerumunan dan sebagainya. Tapi kesulitan kita sama-sama menahan diri untuk tidak keluar rumah kalau tidak penting," ucap Sultan HB X. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini