Sultan HB X Instruksikan Kendaraan Pemudik Putar Balik

Senin, 27 April 2020 19:29 Reporter : Purnomo Edi
Sultan HB X Instruksikan Kendaraan Pemudik Putar Balik Pemeriksaan kendaraan pemudik di Prambanan Klaten. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pemda DIY menerapkan aturan putar balik bagi kendaraan pribadi atau umum luar daerah yang akan masuk ke wilayah DIY. Aturan putar balik ini sudah mulai diberlakukan pada Minggu (26/4).

Kepala Dishub DIY, Tavip Agus Riyanto menerangkan jika Gubernur DIY, Sri Sultan HB X memiliki sejumlah pertimbangan terkait penerapan aturan putar balik bagi kendaraan dari dari luar daerah. Meskipun DIY belum berstatus PSBB namun Sultan HB X memutuskan kendaraan luar daerah diminta putar balik.

Pertimbangan ini mengikuti kebijakan larangan mudik. Seperti halnya di Jawa Timur, meskipun PSBB hanya diterapkan di Surabaya Raya namun di daerah lain juga dilakukan penyetopan dan kendaraan diminta putar balik.

"Artinya kalau kemudian daerah lain sudah mengambil tindakan seperti itu, Kita nanti terlambat. Kita nanti bisa jadi pusat penularan. Pak Gubernur menyampaikan, nanti saya yang bertanggung jawab. Pokoknya yang dari luar suruh putar balik intinya begitu," ujar Tavip, Senin (27/4).

Tavip menuturkan tidak semua kendaraan dengan pelat nomor luar kota diberhentikan dan diminta putar balik. Apabila yang mengendarai mobil adalah warga dan bekerja di Yogyakarta maka tidak disuruh putar balik.

"Tapi sekali lagi mudik dengan pelat mobil beda. Bisa jadi saya kerja di Yogya, orang Yogya tapi punya mobil berpelat B. Jadi tidak otomatis yang berpelat B langsung diminta putar balik," ungkap Tavip.

Tavip menyebut di pintu-pintu masuk ke DIY telah didirikan pos-pos penjagaan. Nantinya pos-pos penjagaan ini akan makin diperketat pengawasannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini