Sukses gelar Sail Indonesia, Sabang bakal gelar Golden Triangle Reggata 2018

Kamis, 7 Desember 2017 08:04 Reporter : Hery H Winarno
Sukses gelar Sail Indonesia, Sabang bakal gelar Golden Triangle Reggata 2018 Sail Sabang. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com -

Wonderful Indoensia 4 ©2017 Merdeka.com

Sail Indonesia sukses digelar di Kota Sabang. Event bahari internasional itu mampu menyedot 20 ribu wisatawan di mana 3 ribu di antaranya adalah wartawan asing. Moment Sail Sabang ini pun tak ingin dilewatkan begitu saja oleh Pemprov Aceh. Rencananya acara serupa bakal digelar tiap tahun di Kota Sabang.

"Kita berharap event ini akan terus berlanjut meskipun namanya bukan Sail Sabang. Namanya pengembangan wisata bahari," ujar Kadisbudpar Pemprov Aceh Reza Pahlevi kepada merdeka.com.

Menurut Reza, Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah mencanangkan Golden Triangle Reggata yang meliputi Sabang-Phuket dan Langkawi. Diharapkan dengan acara tersebut bisa semakin menghidupkan pariwisata khususnya bahari di kota paling ujung barat nusantara.

Keindahan Kota Sabang ©2017 Merdeka.com

"InsyaAllah untuk Golden Triangle Reggata, Sabang-Phukut-Langkawi di tahun 2018 nanti akan dilaksanakan di Sabang," terang Reza.

Untuk menggelar event berskala internasional, banyak hal yang mesti dipersiapkan dengan baik. Untuk itu kata Reza, jajarannya akan terus mempersiapkan sebaik mungkin segala sarana dan prasarana yang ada di Kota Sabang untuk bisa memberikan pelayanan yang baik kepada dunia internasional.

"Banyak hal yang harus dipersiapkan di Sabang. Baik dari sisi Infrastrukturnya, pelayanan, pelaku pariwisata dan juga promosi. Kami upayakan dengan seluruh stake holder yang ada di Kota Sabang ini, Pak Wali Kota juga sudah mendukung, pemerintah provinsi juga sangat mendukung dan Kementerian Pariwisata juga terus mendukung dan membina," ujarnya.

Atraksi budaya adat Melaot di Sabang ©2017 Merdeka.com/Hery Winarno

Sebelumnya Menpar Arief Yahya menyampaikan bahwa Sail Sabang 2017 akan membuat dampak luar biasa bagi dunia pariwisata di Aceh. Sail tahun 2017 ini gaungnya bakal mendunia dan mendorong Sabang semakin kuat, maju, dan bermanfaat untuk masyarakat.

Kata Menpar adanya Sail Sabang 2017 ini melahirkan jalur regatta yachting Golden Triangle SaPhuLa. SaPhuLa ini merupakan singkatan dari Sabang, Phuket, dan Langkawi. Jalur ini akan mendunia karena tiga negara, tiga destinasi, tetapi dalam satu paket visit yacht yang ada di jalur perahu pesiarnya.

KRI Dewa Ruci tiba di Sabang ©2017 merdeka.com/Imam Buhori

Arief mengatakan, jalur tersebut juga biasa disebut dengan diamond triangle, namun ada pula yang menyebut golden triangle. Para yahcter dunia atau kapal pesiar akan kumpul di jalur ini. [hhw]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini