Sudah Tiga Hari Kebanjiran, Warga Samarinda Belum Dapat Bantuan Sembako

Rabu, 2 Desember 2020 15:31 Reporter : Saud Rosadi
Sudah Tiga Hari Kebanjiran, Warga Samarinda Belum Dapat Bantuan Sembako Banjir di Samarinda Meluas. ©2020 Merdeka.com/Saud Rosadi

Merdeka.com - Banjir di Samarinda, ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, meluas. Hingga hari ketiga, 1.000 rumah lebih terendam banjir dengan ketinggian air hingga 1 meter. Sebagian besar warga bahkan belum mendapatkan bantuan.

Pantauan merdeka.com di perumahan Griya Mukti Sejahtera (GMS) RT 07 kelurahan Gunung Lingai siang ini, Rabu (2/12), ketinggian air hingga 70 cm. Belum lagi di bagian dalam perumahan, ketinggian air hingga 1 meter.

Hingga hari ketiga juga belum ada satupun distribusi bantuan sembako, maupun makanan, bagi warga setempat.

"Sudah tiga hari, kok belum ada bantuan sama sekali? Biasanya ada yang keliling, antar bantuan. Warga mau masak pun tidak bisa, karena rumah terendam," kata warga RT 07, M Ali, ditemui merdeka.com, Rabu (2/12).

banjir di samarinda meluas

Perumahan itu terlihat sepi. Sebagian warga bertahan, sebagian lagi memilih mengungsi, lantaran banjir tidak kunjung surut. "Kalau sudah begini, biasanya banjir sampai seminggu," ujar warga perum GMS lainnya di RT 06.

Ketua RT 07 Hairuddin membenarkan belum adanya distribusi bantuan itu. "Selama ini belum ada. Padahal ketinggian air sudah 70 cm, tiga hari ini," ungkap Hairuddin.

"Iya, kalau sudah banjir seperti ini, seminggu baru surut. Bahkan bisa sampai 10 hari. Iya, sebagian warga perumahan juga sudah mengungsi, makanya terlihat sepi," tambah Hairuddin.

banjir di samarinda meluas

Banjir ditengarai imbas hujan deras Jumat (27/11) pagi, sehingga menaikkan debit Bendung Benanga tembus di angka 83 cm. Tingginya debit air itu, meluapkan Sungai Karang Mumus. Selain di kelurahan Sempaja Timur kecamatan Samarinda Utara, dan kelurahan Gunung Lingai di kecamatan Sungai Pinang, banjir juga merendam rumah warga di kelurahan Temindung Permai, masih di kecamatan Sungai Pinang. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini