Sudah Jalani Tes Kesehatan, Ridwan Kamil dan Istrinya Negatif Corona

Senin, 16 Maret 2020 15:38 Reporter : Aksara Bebey
Sudah Jalani Tes Kesehatan, Ridwan Kamil dan Istrinya Negatif Corona Ridwan Kamil. ©2020 Merdeka.com/aksara bebey

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sudah menjalani tes kesehatan berkaitan dengan virus corona. Hasilnya, ia dinyatakan negatif terpapar virus yang dikenal pula Covid-19 tersebut.

Ridwan Kamil menyatakan pemeriksaan dilakukan di rumah dinasnya pada Minggu (15/3). Sang istri, Atalia Praratya pun ikut menjalani tes kesehatan dengan hasil negatif.

Pemeriksaan ini dilakukan karena dirinya ikut melakukan penjemputan 69 anak buah kapal (ABK) Diamond Princess di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Majalengka awal Maret lalu. Belakangan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang ikut dalam kegiatan penjemputan di BIJB dinyatakan positif terpapar virus corona.

"Saya pribadi sudah dites kemarin (15/3) terkait dengan berita Pak Menteri Perhubungan yang sakit. Hasilnya sudah keluar, saya dan Ibu Atalia negatif (Covid-19), alhamdulillah," kata Ridwan Kamil di Bandung, Senin (16/3).

Langkah pemeriksaan ini diambil untuk menenangkan jajaran pemerintahan dan publik. Sesuai prosedur dirinya mengecek potensi tertular virus COVID-19 melalui tes oleh Laboratorium Kesehatan Pemerintah Provinsi Jabar.

Ia mengaku akan melakukan kegiatan kedinasan dan pengawasan pembangunan di Jabar secara aktif. Semuanya dilakukan dengan kewaspadaan tinggi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jabar Berli Hamdani menyatakan pemeriksaan Ridwan Kamil dan istrinya menggunakan test kit Labkes Jabar dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) sertifikat BSL 2+.

"Tenaga medis yang terlatih mulai dari pengambilan sampel sampai mengeluarkan hasil. Spesimen yang diambil berupa usapan dari area hidung tenggorokan dan mulut tenggorokan. Ditambah Sputum (dahak)," ucap dia melalui siaran pers yang diterima.

"Hasil bisa diketahui 4-5 jam. Kalau negatif, artinya aman untuk kontak dengan siapapun," kata dia. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini