Sudah 40 Orang Petugas Pemilu di Jawa Barat Meninggal Dunia

Selasa, 23 April 2019 16:38 Reporter : Aksara Bebey
Sudah 40 Orang Petugas Pemilu di Jawa Barat Meninggal Dunia distribusi logistik pemilu ke TPS. ©2019 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mencatat 40 petugas meninggal dunia saat penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Saat ini pihak dinas kesehatan dilibatkan dalam memantau petugas dalam proses rekapitulasi yang masih berlangsung.

Para petugas itu berstatus Ketua KPPS, Anggota KPPS, Staf KPU, atau Petugas PPS dan PPK.
Mereka meninggal dunia diduga disebabkan kelelahan fisik, psikis ada pula yang mempunyai riwayat kesehatan yang bermasalah, seperti penyakit jantung.

"Sejauh ini, dari catatan yang ada, sudah ada 40 petugas yang meninggal dunia. Kami turut berduka cita dan bersedih," ujar komisioner KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq saat dihubungi, Selasa (23/4).

"Mereka meninggal dunia, ada yang sebelum proses pencoblosan, ada yang sedang proses (pencoblosan dan penghitungan)," tambahnya.

Para petugas yang meninggal dunia tersebar di sejumlah wilayah di Jawa Barat. Namun, yang paling banyak diketahui terjadi di Kabupaten Cianjur dengan lima petugas dan Kota Bandung sebanyak empat petugas.

Ia mengakui bahwa jumlah petugas yang meninggal dunia di Jawa Barat termasuk yang paling banyak secara nasional. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemprov Jabar untuk meringankan beban keluarga berupa pemberian uang santunan.

Selain itu, dinas kesehatan di Pemerintah Kabupaten Kota diminta untuk memantau kondisi kesehatan para petugas dalam proses penghitungan suara yang masih berlangsung di beberapa daerah.

"Kami berkoordinasi dengan tenaga medis. Setiap hari dicek kesehatan dari saksi parpol dan panwas dan semua petugas," katanya.

"Kami juga berencana mengabadikan nama mereka. Mediumnya sedang kami pikirkan," katanya.

Daftar Petugas yang meninggal dunia bersasarkan wilayah:

Kab. Purwakarta 2 orang
Kota Bandung 4 orang
Kab. Bandung 3 orang
Kota Bekasi 2 orang
Kab. Tasikmalaya 3 orang
Kab. Kuningan 3 orang
Kab. Bogor 2 orang
Kab. Karawang 2 orang
Kota Sukabumi 1orang
Kab. Sukabumi 3 orang
Kab. Cirebon 3 orang
Kab. Indramayu 2 orang
Kab. Cianjur 5 orang
Kota Cimahi 2 orang
Kab. Bekasi 2 orang
Kota Bogor 1 orang [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini