Stok Kosong, Vaksinasi Covid-19 di Samarinda Baru 18 Persen dari Target

Rabu, 28 Juli 2021 19:27 Reporter : Saud Rosadi
Stok Kosong, Vaksinasi Covid-19 di Samarinda Baru 18 Persen dari Target Hari pertama vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Provinsi Kalimantan Timur secara umum kekosongan vaksin Covid-19. Imbasnya capaian vaksinasi di ibu kota provinsi, Samarinda baru 18 persen dari total penduduk target vaksinasi.

Dua pekan ini, masyarakat tidak sedikit yang bertanya jadwal vaksinasi massal Dinkes Kota Samarinda. Antusiasme mereka mengikuti vaksinasi justru terganjal ketersediaan vaksin.

"Vaksin kosong, sudah lama. Dalam artian kita tidak bisa lakukan vaksinasi massal," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda dr Ismid Kusasih, dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (28/7).

Ismid mengungkapkan, selama ini vaksin yang diterima Dinkes Samarinda langsung diberikan kepada masyarakat. "Kenapa habis? Karena kita cepat berikan (ke masyarakat)," ujar Ismid.

Dia menyebut distribusi vaksin diatur oleh kuota yang diberikan pemerintah pusat.

"Harus diketahui, ada dua vaksin. Vaksin yang benar-benar datang dan diserahkan ke Dinas (Dinas Kesehatan) sepenuhnya. Dan vaksin yang memang peruntukannya untuk instansi," terang Ismid.

"Misalnya, 1.000 dosis vaksin dari TNI (Mabes TNI) ditujukan ke Samarinda untuk TNI masuk melalui Dinas Kesehatan. Itu, menjadi kewenangan TNI untuk melakukan vaksinasi misal dengan menyediakan tempat vaksinasi," tambah Ismid.

Dalam pertemuan via daring beberapa waktu lalu bersama dengan Kemenkes, Pemprov Kalimantan Timur pun sudah bersuara agar pemerintah pusat memenuhi permintaan vaksin Kalimantan Timur.

"Daring dengan pusat, Pak Gubernur sudah menyampaikan kami, Kaltim minta vaksin," tegas Ismid.

Dengan demikian, imbasnya capaian vaksinasi kota Samarinda saat ini masih di bawah 20 persen. "Sekarang 18 persen dari jumlah penduduk sekitar 939 ribu. Berarti sekitar 170 ribu," demikian Ismid. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini