Stasiun Kereta Api Garut Beroperasi pada Juni Setelah 30 Tahun Tak Aktif

Selasa, 27 April 2021 05:33 Reporter : Mochammad Iqbal
Stasiun Kereta Api Garut Beroperasi pada Juni Setelah 30 Tahun Tak Aktif kereta api. Merdeka.com

Merdeka.com - Bupati Garut, Rudy Gunawan menyebut bahwa Stasiun Garut yang lebih dari 30 tahun tidak aktif akan kembali beroperasi pada Juni 2021. Untuk memastikan hal tersebut, ia mengaku akan berkomunikasi langsung dengan Dirut PT KAI dan Kementerian Perhubungan untuk memastikan hal tersebut.

“Juni ini pasti Juni ini sudah selesai. Coba lihat ini keadaan stasiun kereta api kita sangat megah sekali, sesuai dengan target dan diharapkan Bapak Presiden bisa meresmikan tempat ini, karena kita sedang membicarakan tentang ada satu gerbong kereta wisata dari Jakarta,” ujar Rudy.

Bupati mengaku bahwa dirinya memang berharap agar stasiun kereta api Garut diresmikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo. Oleh karena itu ia pun akan bertemu dengan Dirut PT KAI dan Dirjen perkeretaapian tentang izin ke Garut.

Ia menjelaskan bahwa pada prosesnya, setelah jalur Cibatu-Garut diresmikan, perjalan bukan hanya dari Stasiun Cibatu ke Stasiun Garut saja. Lebih dari itu juga akan ada rute lain yaitu Jakarta-Garut, Garut-Yogyakarta, Surabaya, dan lainnya.

“Kami ini sedang melakukan negosiasi dengan PT KAI tentang waktunya. Jadi sekarang yang kami dapatkan waktunya adalah dari Garut dulu jam 4.30 pagi menuju ke Bandung, untuk menarik mereka-mereka yang bekerja di Bandung,” jelasnya.

Untuk kereta yang digunakan, diungkapkan Rudy, bukanlah kereta biasa namun kereta cepat. Untuk perjalanan Garut-Cibatu, hanya memakan waktu 20 menit. “Insya Allah besok (Selasa) kita ketemu dengan Pak Dirjen, untuk memastikan tentang izin operasionalnya,” ungkapnya.

Untuk fasilitas penunjangnya,Rudy mengaku bahwa pihaknya sudah melakukan pembersihan di sekitar area Jalan Bank dan Jalan Veteran. Pihaknya akan membuat trotoar yang lebih indah sehingga memperindah.

“Ini (nanti) dibuatkan trotoar baguslah, supaya nanti karena insyaAllah kami akan mengundang Bapak Presiden di (bulan) Juni nanti, kalau situasi kondisi memungkinkan,” tutup Rudy. [gil]

Baca juga:
Satgas Covid-19: Mobilitas Penduduk Menggunakan Kereta Api Cukup Tinggi
Masa Berlaku Surat Negatif Covid-19 untuk Penumpang Kereta Kini Berlaku 1x24 Jam
Ornamen Ramadan Hiasi Kereta Api dan 25 Stasiun
Bermain di Tepi Rel Kereta Api, Nasib Bocah Kediri Ini Berujung Miris
Belum Ada Lonjakan Penumpang Kereta API di Pekan Pertama Ramadan
Ketatnya Aturan Larangan Mudik 2021, Termasuk Kereta Api Tak Boleh Beroperasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini