Stafsus Mensesneg Tegaskan Pemerintah Tak Pernah Ikut Campur Pemilihan Ketua NU

Jumat, 26 November 2021 14:49 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Stafsus Mensesneg Tegaskan Pemerintah Tak Pernah Ikut Campur Pemilihan Ketua NU Faldo Maldini. ©Youtube/Faldo Maldini

Merdeka.com - Staf Khusus Mensesneg Faldo Maldini menegaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) maupun pemerintah tidak campur tangan dalam pemilihan ketua umum Nahdlatul Ulama. Menurutnya, Muktamar NU sepenuhnya ranah warga Nahdiyin.

"Pemerintah tidak pernah berupaya campur tangan. Ini sepenuhnya ranah warga Nahdiyin. Kami hanya mendoakan pemimpin NU yang terpilih nanti dapat berkontribusi sebesar-besarnya bagi Bangsa dan Negara. NU adalah berkah bagi semua, Islam yang rahmatan lil alamin," katanya lewat pesan tertulis, Jumat (26/11).

Meski begitu, Faldo memaklumi pandangan yang mencurigai pemerintah intervensi dalam Muktamar NU tersebut. Kata dia, pemilihan apa saja pemerintah dicurigai akan intervensi.

"Isu begini sudah biasa. Pemilihan apa saja, pemerintah dicurigai akan intervensi. Ini bukan hal baru saya kira. Apalagi, itu pemilihan di organisasi sebesar NU. Kami maklumi segala pandangan," tuturnya.

Menurut eks politikus PAN itu, setiap organisasi punya aturan dan independensi yang harus dilindungi. Pemerintah menjamin hak konstitusional internal NU terlaksana.

"Setiap organisasi punya aturan dan independensi yang harus dilindungi. Ini hak konstitusional. Pemerintah akan pastikan itu terlaksana," pungkasnya. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini