Sowan ke Muhammadiyah, Kapolri Sigit Diminta Siap Dikritik

Jumat, 29 Januari 2021 19:56 Reporter : Nur Habibie
Sowan ke Muhammadiyah, Kapolri Sigit Diminta Siap Dikritik Kapolri Listyo Sigit temui pimpinan PP Muhammadiyah. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyambangi Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama dengan sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri lainnya. Dalam kunjungannya ini, diterima oleh Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mukti.

Sigit mengaku banyak yang dibahas dalam kunjungannya itu, seperti membahas soal banyaknya masyarakat yang terpapar dengan suatu ajaran tertentu sampai dengan masalah Covid-19.

"Banyak hal yang disampaikan oleh beliau, bagaimana menghadapi tantangan ke depan terhadap saudara-saudara kita yang terpapar dengan ajaran-ajaran tertentu. Maka pemahaman dengan menggunakan moderasi beragama itu tentunya akan jauh lebih bermanfaat, barang kali daripada kita melakukan pendekatan yang bersifat hal lebih bersifat keras, seperti itu. Tentunya ini menjadi salah satu program kami dalam rangka mencegah," kata Sigit kepada wartawan, Jumat (29/1).

Selanjutnya, terkait dengan protokol kesehatan dalam menghadapi Covid-19 yang masih melanda Indonesia. Ia ingin agar mereka dapat memberikan edukasi terhadap masyarakat dengan penegakkan aturan masalah protokol kesehatan.

"Karena kita tahu bahwa sampai saat ini angka terdampak Covid tinggi sekali, masih angka 13 ribu, sudah menembus angka 1 juta ya. Ini juga menjadi PR kami, yang kemudian kami minta bisa untuk dibantu untuk bagaimana mengedukasi terkait dengan penegakkan aturan protokol kesehatan yang baik," jelasnya.

Diminta Siap Dikritik

Selain itu, dalam pertemuan tersebut. Mantan Kabareskrim Polri ini juga menyebut banyaknya masukan, salah satunya seperti bagaimana Polri bisa menjadi adil, jujur serta transparan dalam melakukan penegakkan hukum atau yang lainnya.

"Ke depan masih banyak sekali kegiatan-kegiatan yang tentunya bagaimana, tadi kami banyak dapat masukan bagaimana Polri ke depan bisa menjadi Polri yang adil, Polri yang jujur, Polri yang siap untuk dikritik, Polri yang mau transparan dan memang itu menjadi targetkan kita untuk bisa memperbaiki dan kemudian mewujudkan hal-hal yang memang diharapkan dari masyarakat," sebutnya.

"Karena kami selalu berangkat dari kodrat kami, dimata masyarakat seperti apa, itu yang akan kami perbaiki," tambahnya.

Ia pun mengucapkan rasa terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bisa melakukan pertemuan dengan organisasi Islam terbesar yang berdiri sejak 1912, sehingga bisa saling bersinergi dalam menjalankan program kerja.

"Sehingga kami bisa melaksanakan tugas dengan baik, menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif dan modal kami, modal kita bahwa pertumbuhan ekonomi akan bisa berjalan dengan baik kalau stabilitas Kamtibmas itu bisa kita cegah dan itu adalah salah satu modal yang harus kita kerjakan dengan bersinergi dengan seluruh stakeholder yang ada," katanya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini