Solo tidak khawatir ditinggal Jokowi

Senin, 19 Maret 2012 18:23 Reporter : Parwito
Solo tidak khawatir ditinggal Jokowi

Merdeka.com - Pemerintah Kota Solo tidak khawatir dengan keputusan Wali Kota Joko Widodo untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Jalannya pemerintahan di Kota Surakarta dipastikan tidak akan terganggu, meskipun ditinggalkan oleh Jokowi.

"Pak Jokowi pasti akan disibukkan dengan kegiatan menggalang dukungan suara di Jakarta selama kampanye. Semua tidak perlu khawatir jalannya pemerintah, meskipun ditinggal oleh Pak Jokowi tetap seperti biasa," kata Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo (Rudy) di Solo, Senin (19/3).

Dia mengatakan, roda pemerintahan tetap berjalan baik karena Jokowi yang sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta itu hanya berstatus cuti sebagai wali kota Surakarta. "Jokowi baru bisa mengajukan cuti setelah secara resmi didaftarkan partai sebagai calon gubernur," ujarnya.

Rudy menjelaskan, ada sejumlah tugas wali kota yang bisa didelegasikan kepada pejabat di bawahnya. Namun, untuk tugas-tugas yang berkaitan dengan kebijakan tingkat kota, keputusan tetap ada di tangan wali kota, meski cuti dari pekerjaannya. "Saya mending mengalah mengirim surat ke Jakarta, karena posisi saya tetap wakil wali kota dan tidak bisa mengambil kebijakan," katanya.

Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah resmi diusung DPP PDI Perjuangan dan Gerindra untuk bertarung di Pilgub DKI Jakarta. [tts]

Topik berita Terkait:
  1. Jokowi
  2. Pilgub DKI
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini