Sofyan Basir Bebas, KPK Ingatkan Kasus Terdakwa Bebas Lalu Dianulir

Senin, 4 November 2019 16:34 Reporter : Merdeka
Sofyan Basir Bebas, KPK Ingatkan Kasus Terdakwa Bebas Lalu Dianulir Sofyan Basir divonis Bebas. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Direktur Utama PT PLN Persero, Sofyan Basir dibebaskan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta karena dinyatakan tidak terbukti bersalah dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, ini bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya Pengadilan Negeri Bandung juga pernah memvonis bebas seorang kepala daerah di Bekasi. Belakangan, putusan itu dianulir.

"Kami melakukan upaya hukum kasasi pada saat itu dan di Mahkamah Agung kemudian putusan bebas itu dianulir," ucap Febri di Gedung Merah Putih KPK, Senin (4/11).

Kali ini, Pimpinan berserta Jaksa KPK juga akan menyikapi kebebasan Sofyan Basir. Kendati, pihaknya lebih dulu mempelajari salinan putusan. Kemudian jaksa penuntut umum memberikan rekomendasi kepada pimpinan mengenai upaya hukum yang bisa dilakukan.

"Selain daripada proses itu tentu ada kasasi. Tapi apakah kasasinya segera dilakukan atau kapan, ada batas waktu pikir-pikir yang disediakan oleh Undang-Undang itu sebenarnya waktu atau ruang lingkup waktu jaksa penuntut umum bisa membuat analisis yang lebih komprehensif," ucap dia.

Febri menegaskan, pihaknya tidak akan menyerah begitu saja ketika ada vonis bebas untuk terdakwa yang diajukan KPK ke pengadilan tindak pidana korupsi.

"Apapun vonisnya, berat ringan bebas atau lepas secara kelembagaan KPK tetap harus menghormati dan menghargai institusi peradilan upaya hukum yang tersedia itu yang kami bahas lebih lanjut penggunaannya agar kebenaran yang substansial dan proses pembuktian hukum yang kami yakini itu bisa," tutup dia.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini