Soal Usul Wamenhan, Kemendikbud Sebut Wajib Militer Dimungkinkan di Kampus

Senin, 17 Agustus 2020 16:03 Reporter : Merdeka
Soal Usul Wamenhan, Kemendikbud Sebut Wajib Militer Dimungkinkan di Kampus Bela Negara. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merespons keinginan Kementerian Pertahanan untuk mengadakan pendidikan militer bagi mahasiswa selama satu semester.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud, Nizam mengatakan, skema pendidikan militer bagi mahasiswa dimungkinkan terjadi. Pasalnya hal ini telah diakomodir dalam Merdeka Belajar yang dicanangkan Kemendikbud.

"Hak tersebut kita penuhi melalui skema Kampus Merdeka. Sehingga mahasiswa dapat mengambil haknya untuk menjadi komponen cadangan pertahanan negara," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Senin (17/8).

Menurutnya, hal itu juga disebut dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara yang memungkinkan hak tiap warga negara untuk menjadi komponen cadangan.

"Dalam UU 23/2019 tentang Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, salah satunya mengamanahkan tentang hak WNI untuk menjadi komponen cadangan," jelasnya.

Namun begitu, ia mengingatkan, pendidikan militer itu bersifat hak bukan diwajibkan kepada seluruh mahasiswa. Jadi jika ada mahasiswa yang ingin menjalani pendidikan militer selama satu semester, hal ini diperkenankan oleh Kemendikbud.

"Sehingga mahasiswa dapat mengambil haknya untuk menjadi komponen cadangan pertahanan negara. Selain itu program-program kepemimpinan dan bela negara yang bagus akan kita kerjasamakan dengan Kemenhan," ucapnya.

"Juga tidak bersifat wajib tapi pemenuhan hak bagi mahasiswa," sambung Nizam.

Nizam juga menegaskan bahwa bukan hanya pendidikan militer, melainkan bisa juga pendidikan soal bela negara.

"Tidak harus militer ya, tapi pendidikan pertahanan atau bela negara," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Kemenhan Ingin Mahasiswa Ikut Pendidikan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini