Soal lemahnya Rupiah, Sri Mulyani enggan jawab sindiran Fadli Zon

Rabu, 7 Maret 2018 15:48 Reporter : Indra Cahya
Sri Mulyani. ©2017 merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Fadli Zon yang merupakan Wakil Ketua DPR, beberapa waktu yang lalu melancarkan sebuah pernyataan yang bermaksud menyindir kepada Sri Mulyani. Sang menteri keuangan sendiri yang memiliki predikat Menteri Terbaik Dunia, disebut Fadli tak mampu mengendalikan lemahnya nilai tukar Rupiah.

Namun alih-alih beradu sindir atau membalas, Sri Mulyani memilih tidak menanggapi.

"Menyelesaikan apa? Persoalan (pelemahan rupiah), yang diselesaikan apa?" ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Sri Mulyani mengungkapkan, pelemahan rupiah tersebut merupakan efek eksternal. Ini bukan hanya terjadi terhadap rupiah, tetapi juga pada mata uang negara lain.

?"Kalau itu arusnya berasal dari pernyataannya Mr Powell (The Fed) atau Presiden Trump, itukan seluruh dunia terpengaruh. Jadi kita menjaga supaya kita tidak mendapatkan sentimen yang lebih dibandingkan apa yang menjadi sentimennya yang berasal dari luar. Tapi kalau sentimennya berasal dari sana kan saya enggak bisa Pak Trump jangan ngomong, atau Pak Powell jangan ngomong, kan bukan saya, gitu," jelas dia.

Selain itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga memastikan, pemerintah akan tetap menjaga kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di tengah pelemahan rupiah ini. Sejauh menurut dia, penerimaan dan belanja negara juga dalam kondisi seimbang sehingga tidak perlu kekhawatiran yang berlebihan.

"Saya sampaikan tadi, pokoknya kami tetap menjaga APBN kita di dalam kondisi di mana terjadi perubahan kita kan akan lihat dari sisi penerimaan negara, belanja negara, so far kalau seperti saya sampaikan seperti harga minyak dari kurs terhadap APBN kita penerimaan justru lebih baik," tegas Sri Mulyani.

Seperti diketahui, Wakil Ketua DPR Fadli Zon kembali menyindir Sri Mulyani. Setelah sebelumnya menyindir lantaran Sri Mulyani tersebut dinobatkan sebagai Menteri Terbaik di Dunia, kali ini Faldi Zon menyindir Sri Mulyani yang dianggap tidak bisa mengatasi pelemahan rupiah.

Sumber:Liputan6.com

[idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini