Siswa SMP nyatakan cinta ke siswa SD, Kak Seto salahkan orang tua

Senin, 26 Januari 2015 12:24 Reporter : Al Amin
Siswa SMP nyatakan cinta ke siswa SD, Kak Seto salahkan orang tua Kak Seto. ©2012 Merdeka.com

Orang tua jangan lepas tanggung jawab dengan hanya membelikan gadget yang diminta anak mereka. Jika dibiarkan, hal ini akan berpengaruh kepada tumbuh kembang anak-anak. Hal ini yang kemudian menimbulkan adanya kasus seks bebas, geng motor, kekerasan di anak didik.


- Seto Mulyadi

Merdeka.com - Psikolog anak Seto Mulyadi mengaku prihatin dengan beredarnya foto siswa SMP yang menyatakan cinta ke siswi SD. Menurutnya, hal tersebut merupakan sebuah bentuk psikoseksual yang akan menimbulkan permasalahan bagi keduanya.

"Hal ini terjadi karena mudahnya informasi yang diperoleh kedua siswa dari media sosial dan dunia maya. Mereka dengan mudah berselancar di dunia maya mendapatkan informasi yang belum layak mereka dapatkan, istilahnya dikarbitkan. Matang sebelum waktunya," ujar pria yang akrab disapa Kak Seto saat dihubungi merdeka.com, Senin (26/1).

Kejadian ini, jelas Kak Seto merupakan dampak dari kurangnya komunikasi dan lemahnya pengawasan orang tua terhadap peralatan elektronik anak mereka, seperti handphone, komputer, dan laptop. Jika hal ini dibiarkan, akan berdampak pada psikologi anak.

"Orang tua jangan lepas tanggung jawab dengan hanya membelikan gadget yang diminta anak mereka. Jika dibiarkan, hal ini akan berpengaruh kepada tumbuh kembang anak-anak. Hal ini yang kemudian menimbulkan adanya kasus seks bebas, geng motor, kekerasan di anak didik," ujarnya.

Kepada orang tua, Kas Seto menganjurkan untuk mendampingi anak saat mereka berselancar di dunia maya. Jika diperlukan, mereka harus mem-block situs-situs yang dianggap tidak layak untuk dikunjungi oleh anak-anak.

Anggota Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak) ini menambahkan, tugas mengawasi situs-situs internet yang dikunjungi anak-anak tidak hanya tugas orang tua di rumah. Pihak sekolah juga ikut berperan dalam memberikan pengarahan.

"Pihak sekolah juga jangan hanya berhenti pada kegiatan mengajar. Mereka juga harus mampu menjadi kawan dan mampu berkomunikasi secara ramah dengan anak didik," ujarnya.

Sebelumnya, foto siswa SMP menyatakan cinta ke siswi SD menghebohkan netizen. Dari sembilan foto tersebut, terdapat satu yang menghebohkan netizen, saat siswa SMP merangkul siswa SD. [tts]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini