Sisa kebakaran Pasar Besar Malang mulai dibersihkan

Selasa, 31 Mei 2016 14:22 Reporter : Darmadi Sasongko
Sisa kebakaran Pasar Besar Malang mulai dibersihkan Sisa kebakaran Pasar Besar Malang. ©2016 merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Ratusan kios Pasar Besar Malang yang terbakar, mulai dibersihkan. Petugas melakukan pembersihan puing-puing sisa kebakaran di lantai dasar dan lantai 2.

Pembersihan dilakukan hanya untuk kawasan yang terbakar yakni sejumlah 633 kios. Namun demikian, sejumlah kios yang diduga sebagai sumber api, tetap dibiarkan dengan police line melingkarinya.

Sejak kebakaran, Kamis (26/5) pukul 03.00 WIB lalu, para pedagang tidak bisa berjualan. Seluruh pintu dalam posisi dikunci dan terus dijaga pihak keamanan. Pembukaan hari ini pun, hanya untuk pembersihan kios yang terbakar para petugas saja.

Pedagang hanya bisa berjualan di area parkir pasar di sisi kanan dan kiri saja. Mereka adalah para penjual sayur-sayuran dan daging.

Kepala Dinas Pasar Kota Malang, Wahyu Setyanto mengungkapkan, pembersihan melibatkan berbagai unsur dengan ratusan orang personel. Bersamaan dilakukan kajian untuk kepentingan perbaikan dan relokasi.

"Kita bersihkan, sambil dilihat tingkat kerusakannya oleh Tim dari Universitas Brawijaya," kata Wahyu di Pasar Besar Malang, Selasa (31/5).

Wahyu mengaku kesulitan karena hingga saat ini listrik belum bisa menyala. Pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan PLN untuk segera mengecek instalasi, sehingga sedikit demi sedikit bisa menyala.

"PLN melakukan pengecekan, agar bisa segera masuk. Setiap kontrol akan dicek sehingga dalam gedung bisa dapat cahaya," ujarnya.

Wahyu juga memberi kesempatan kepada para PKL liar yang selama ini berjualan di bawah tangga dan lorong-lorong untuk mengeluarkan barang. Mereka pun dengan dibantu Satpol PP membawa pulang barang tersebut.

Dinas Pasar sedang menyiapkan pembenahan sekaligus relokasi di sekitar pasar. Pihaknya menargetkan, sebelum puasa Ramadan, sudah bisa berjualan di area relokasi.

"Percepatan pembenahan pasar sedang disiapkan, di samping relokasi bersifat sementara," katanya.

Walikota Malang, Mochammad Anton mengungkapkan, sedang mencari terobosan agar Pasar Besar segera bisa dibangun. Pedagang harus secepatnya bisa berjualan kembali.

"Anggarannya sedang kita hitung, mesti harus by proses. Sedang kita pikirkan sumber dananya. Kita targetkan sebelum Ramadan sudah bisa berjualan kembali," katanya.

Sementara itu, terlihat di Pintu Barat Pasar Besar para petugas mengeluarkan puing-puing sampah sisa kebakaran. Tiga buah truk terparkir dan secara bergantian mengangkutnya.

Saat para petugas mengangkut ke truk, sejumlah warga berusaha berebut mendapatkan barang-barang yang layak pakai. Mereka saling dorong untuk mendapatkan sendal, jilbab dan kaos. Petugas beberapa kali menghalau, namun tidak lama kemudian kembali lagi. [ang]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran Pasar Besar Malang
  2. Malang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini