Sindiran-sindiran pedas untuk Jokowi gagal atasi kabut asap

Rabu, 7 Oktober 2015 07:45 Reporter : Iqbal Fadil
Sindiran-sindiran pedas untuk Jokowi gagal atasi kabut asap Jokowi tinjau kebakaran hutan di Kalimantan. ©AFP PHOTO/Romeo Gacad

Merdeka.com - Meski Presiden Joko Widodo sudah beberapa kali mendatangi lokasi kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan, namun hingga hari ini kabut asap masih terus terjadi dan di beberapa wilayah bertambah pekat. Pemerintah dinilai lamban mengatasi kebakaran hutan. Di sisi lain, penanganan terhadap para korban juga dituding minim.

Direktur LSM Walhi Kalimantan Barat Anton Widjadja menilai, penanganan bencana kabut asap yang dilakukan pemerintah selama ini hanya berfokus pada pemadaman dan penegakan hukum.

jokowi tinjau kebakaran hutan di kalimantan "Belum ada satu pun upaya konkret pemerintah untuk menolong korban terdampak. Bahkan masyarakat terpaksa harus membiayai pengobatan sakit gangguan pernapasan dengan uang pribadi karena tak ada posko kesehatan yang buka 24 jam."

Tudingan ini diakui Juru bicara badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho yang menyatakan bahwa penanganan kesehatan para korban kabut asap cukup buruk. Hal ini terlihat dari jumlah Posko kesehatan dan alat-alat kesehatan tidak sebanding dengan banyaknya masyarakat yang menjadi korban. [hhw] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini