Silaturahmi ke PBNU, Menag Sampaikan Pesan Presiden Soal Kemandirian Pesantren

Selasa, 26 Januari 2021 19:36 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Silaturahmi ke PBNU, Menag Sampaikan Pesan Presiden Soal Kemandirian Pesantren Menag Silaturahmi ke PBNU. ©2021 Kemenag

Merdeka.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jalan Kramat Raya, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut Menag menyampaikan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kemandirian pesantren.

"Salah satu yang diinginkan Presiden itu bagaimana pesantren bisa mandiri secepatnya. Konsep pesantren mandiri itu harus selesai dalam waktu enam bulan. Sekali lagi saya mohon doa dari kiai dan kita semua," kata Yaqut kepada Said Aqil dikutip dari keterangan pers, Selasa (26/1).

Tidak hanya menyampaikan pesan untuk PBNU, Yaqut juga bercerita tentang dirinya saat ditunjuk jadi Menteri oleh Jokowi. Kemudian pada saat dilantik, Yaqut mengakui orang pertama yang diingat adalah Said Aqil.

"Malah saat sambutan pertama saya usai dilantik adalah apa yang disampaikan oleh KH Said Aqil Siradj, yaitu agama adalah inspirasi. Alhamdulillah, pernyataan Kiai Said yang saya sampaikan itu bahwa agama adalah inspirasi kini diimplementasikan Sekjen dan seluruh jajaran Kemenag, pusat, dan daerah. Sekali lagi, terima kasih saya diberi nasihat," ungkap Yaqut.

Kiai Said mengakui tugas Gus Yaqut sebagai Menteri Agama sangat berat. Salah satu tugas yang harus dilakukan yaitu mengembalikan agama menjadi universal dan menginspirasi.

"Mari kita doakan Gus Yaqut dalam mengemban amanah dan membangun marwah Kemenag ke depan serta menjadi sentral kemanusiaan. Mudah-mudahan semua langkah Menag diberi karomah dan diberkahi oleh Allah, amin," sambung Kiai Said.

Tampak hadir mendampingi Yaqut, Sekjen Kemenag Nizar Ali, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani, Direktur PD Pontren Waryono, dan sejumlah Stafsus Menag. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini