Sidang MK, Hakim Minta Pemohon Perbaiki Berkas yang Tak Disusun Sesuai Aturan

Rabu, 19 Juni 2019 10:02 Reporter : Merdeka
Sidang MK, Hakim Minta Pemohon Perbaiki Berkas yang Tak Disusun Sesuai Aturan Sidang perselisihan hasil pemilu. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Mahkamah Konstitusi (MK) meminta kepada pihak Pemohon untuk memperbaiki berkas berkas bukti yang diserahkan terkait sengketa Pilpres 2019. Sebab, berkas berkas tersebut belum disusun sesuai aturan.

Sampel berkas tersebut dari Pemohon dibawa ke dalam ruang sidang untuk kemudian dicek oleh pihak Pemohon, Termohon, Terkait, dan Bawaslu, Rabu (19/6).

Saldi mengatakan, seharusnya pagi ini, MK bisa mengesahkan berkas bukti tanda terima dari Pemohon yang dikirimkan hingga 18 Juni pukul 13.00 WIB sebagai alat bukti. Akan tetapi berkas tidak disusun sebagaimana ketentuan hukum acara dan kelaziman yang berlaku di MK.

"Kami bandingan dengan awal yang diserahkan Pemohon, yang sesuai dengan hukum acara dan kelaziman MK. Dengan berkas seperti ini (tidak rapi) kami tidak bisa verifikasi. Kami sudah periksa hari ini, kami sidak sampai dengan berkas di luar yang belum masuk ruangan. Oleh karena itu, sekalipun kami katakan pagi ini terakhir untuk diserahkan dan verifikasi, kami belum verifikasi sebelum cara proper. Ini penting untuk pembuktian, kami beri waktu sampai 12 untuk proses yang layak.

"Implikasinya ini tidak bisa disahkan pada persidangan hari ini. Kami minta lebih layak dan terpaksa beri toleransi untuk yang layak," tutup Saldi.

Hakim I Gede Dewa Palguna menambahkan, susunan berkas ini berlaku juga untuk pihak Terkait, Termohon, dan Bawaslu.

Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini