Sidang lanjutan praperadilan, Eddy Rumpoko bakal bawa 30 alat bukti

Senin, 13 November 2017 23:32 Reporter : Hari Ariyanti
Sidang lanjutan praperadilan, Eddy Rumpoko bakal bawa 30 alat bukti Eddy Rumpoko diperiksa KPK. ©2017 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko mengajukan gugatan praperadilan atas penetapan tersangkanya oleh KPK dalam kasus dugaan suap. Pada Senin (13/11), sidang perdana dengan agenda penyampaian permohonan gugatan dilaksanakan di PN Jakarta Selatan.

Dalam sidang selanjutnya, Eddy Rumpoko akan membawa sekitar 30 alat bukti. Hal ini disampaikan kuasa hukumnya, Yusril Ihza Mahendra ditemui usai sidang di PN Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Senin (13/11).

Yusril menyebutkan bukti-bukti yang akan dibawa pada sidang Selasa (14/11) besok yaitu bukti kapan penyitaan mobil Toyota Alphard dan bukti kapan uang yang disita dari orang yang dinyatakan ingin menyuap kliennya.

"Kalau tertangkap tangan enggak perlu ada bukti penyitaan. Misalnya saya orang, situ saya copet, uangnya kan ada sama saya. Masa untuk ambil uang sama saya masa harus ada surat perintah penyitaan? Kan enggak, kan langsung disita," jelasnya.

Pada sidang lanjutan yang dijadwalkan pada Rabu (15/11), pihaknya juga akan menghadirkan saksi ahli. Namun ia enggan menyebut siapa saja nama saksi ahli ini. Ia hanya menyebut mereka adalah pakar hukum pidana, pakar pemerintahan, dan pakar administrasi.

Keterangan ahli, kata Yusril, bisa dijadikan suatu alat bukti. Posisinya sama seperti bukti surat, saksi dan lainnya. "Ahli akan menerangkan pengertian tertangkap tangan itu sejatinya apa. Kalau OTT begini bisa enggak orang langsung dinyatakan sebagai tersangka tapi alat buktinya belum ada. Kalau tertangkap tangan tentu bisa, kalau OTT bisa enggak? Nanti ahli yang akan terangkan di sini," paparnya.

Jika KPK juga memiliki alat bukti kuat tentang penetapan tersangka itu, Yusril mengatakan nanti akan dibuktikan di sidang selanjutnya. "Nanti kita lihat di persidangan. Persoalannya kan kapan alat bukti itu didapat," ujarnya. [rzk]

Topik berita Terkait:
  1. Wali Kota Batu Tersangka
  2. KPK
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini