Siap Tempuh Kasasi, KPK Kumpulkan Bukti Baru Hadapi Vonis Bebas Sofyan Basir

Rabu, 6 November 2019 05:58 Reporter : Merdeka
Siap Tempuh Kasasi, KPK Kumpulkan Bukti Baru Hadapi Vonis Bebas Sofyan Basir Sofyan Basir bebas. ©2019 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghormati putusan pengadilan atas vonis bebas terhadap terdakwa kasus suap PLTU Riau-1, Sofyan Basyir. Namun begitu lembaga antirasuah ini tak lantas diam.

"Prinsipnya kami hormati ya apa pun putusan majelis," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, Selasa (5/11).

Menurutnya, Tim hukum KPK tengah menyiapkan bukti baru untuk menghadapi vonis Sofyan Basyir. Pantauan selama proses persidangan, menurut KPK, ada sejumlah pertimbangan krusial diabaikan pihak majelis.

"Misalnya, terkait pertanyaan apakah SB mengetahui atau tidak mengetahui adanya praktik suap yang diterima Eni Saragih totalnya Rp4,7 miliar bersama dengan pihak lain dari Johanes Koco," ujarnya.

Bukti tersebut yang dipandang belum dipertimbangkan oleh hakim. KPK menduga kuat jika itu dapat dijadikan dalil kasasi. Sebab, dalam persidangan sebelumnya bersama terdakwa Eni Saragih, Sofyan Basir pernah sampaikan keterangan sebagai saksi bahwa dirinya pernah menyampaikan adanya kepentingan Eni Saragih yang diutus partainya untuk pendanaan parpol

"Ini belum dipertimbangkan jadi ini akan kami uraikan, tapi nanti kita tunggu salinan putusan resminya dulu yang sampai hari ini belum kami dapat dari pihak pengadilan," tutup Febri.

1 dari 1 halaman

Sofyan Basir Sumringah Keluar Penjara KPK

Sebelumnya, mantan Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basir akhirnya menghirup udara bebas. Sofyan melangkahkan kaki keluar Rumah Tahanan KPK yang terletak di belakang Gedung Merah Putih Kuningan Jakarta, Senin (4/11). Wajahnya sumringah.

Sofyan dibebaskan setelah Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memvonis bebas Sofyan Basir karena dinyatakan tidak terbukti bersalah dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1.

Sofyan keluar dari Rutan pukul 17.55 WIB. Dia mengenakan kemeja biru bergaris dipadu celana bahan hitam. Keluarga, penasihat hukum, kerabat serta sahabat-sahabat menyambut kebebasan Sofyan Basir di depan pagar.

Sofyan dengan wajah yang sumringah menyalami satu persatu tamu yang sudah menunggunya. Sofyan juga beberapa kali melambaikan tangan ke arah kamera awak media. Usai keluar dari pagar, Sofyan tak henti-hentinya menyampaikan ucapan syukur.

"Terima kasih ya Alhamdulillah semuanya sudah selesai," kata Sofyan, Senin (4/11).

Sofyan akan menghabiskan hari-hari bersama keluarga. "Saya mau istirahat di rumah," ucap dia.

Reporter: M Radityo
Sumber: Merdeka.com [fik]

Baca juga:
Istana Hormati Keputusan Hakim Tipikor Vonis Bebas Sofyan Basir
Sofyan Basir Divonis Bebas, Maruf Amin Minta Hormati Keputusan Pengadilan
Sofyan Basir Bebas, Ma'ruf Amin Minta Hormati Keputusan Pengadilan
Sofyan Basir Bebas, Bakal Kembali Pimpin PLN?

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini