Siang Ini DPR Sahkan Komjen Idham Azis Sebagai Kapolri

Kamis, 31 Oktober 2019 12:53 Reporter : Sania Mashabi
Siang Ini DPR Sahkan Komjen Idham Azis Sebagai Kapolri Komjen Idham Azis Jalani Uji Kelayakan dan Kepatuhan di DPR. ©2019 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan nama Kapolri terpilih Komjen Idham Aziz akan segera disahkan dalam rapat paripurna, Kamis (31/10) pukul 14.00 WIB. Pengesahan itu akan dilakukan setelah digelarnya rapat konsultasi Badan Musyawarah (Bamus).

"Kan kemarin sudah komisi, fit proper. Berarti nanti Bamus, kalau Bamus sudah, berarti paripurna kan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10).

Disinggung mengenai PR Kapolri yakni kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Dasco yakin bisa segera diselesaikan. Idham sebagai Kapolri, memiliki mandat yang lebih banyak untuk bisa segera menuntaskan kasus Novel.

"Saya pikir beliau sebagai kapolri tentu kewenangannya lebih besar. Sehingga nanti soal penuntasan perkara yang masih tertunda bisa di selesaikan dengan kewenangan sebagai Kapolri," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin enggan berkomentar banyak soal Komisi III yang tidak menanyakan penanganan kasus Novel dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Kata dia, itu adalah domain Komisi III.

"Pimpinan DPR tidak masuk ke wilayah teknis dalam sistem secara politik dan administrasi karena kita sebagai speaker of parlemen kita membatasi diri untuk masuk ke wilayah teknis yang ada kewenangannya di Komisi III," ucapnya.

Sebelumnya, Komisi III DPR telah menyetujui Komjen Idham Aziz sebagai Kapolri yang baru secara aklamasi. Keputusan tersebut berdasarkan keputusan masing-masing fraksi partai dalam uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

"Seluruh fraksi aklamasi untuk setujui Komjen Idham menjadi kapolri. Yang mana sore ini keputusan tingkat pertama dan sore ini bersurat pada pimpinan DPR untuk besok agendakan dalam rapat paripurna," kata Ketua Komisi III Herman Herry. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini