Siang Ini, Bawaslu Gelar Sidang Putusan Kasus Pelanggaran Pemilu Mendes PDTT

Selasa, 26 Maret 2019 11:54 Reporter : Nur Habibie
Siang Ini, Bawaslu Gelar Sidang Putusan Kasus Pelanggaran Pemilu Mendes PDTT bawaslu. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Bawaslu RI akan menggelar sidang putusan atas kasus Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. Sidang tersebut rencananya akan digelar pada siang hari nanti.

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengatakan, sidang terhadap Eko Putro nanti terkait adanya dugaan pelanggaran pemilu.

"Sidang dengan agenda pembacaan putusan dugaan pelanggaran yang dilakukan mendes, diagendakan siang ini pukul 14.00," kata Afif saat dihubungi, Selasa (26/3).

Lebih lanjut, Afif menuturkan, dalam sidang putusan siang nanti, pihaknya sudah mengundang terhadap pihak terlapor maupun pihak terlapor.

"Pelapor dan terlapor diinfokan untuk sidang putusan," tuturnya.

Sebelumnya, dugaan pelanggaran Mendes Eko bermula dari agenda kampanye TKN Jokowi-Ma'ruf di Kendari. Kampanye tersebut turut dihadiri oleh Ketua TKN Erick Tohir, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Bersama Erick Thohir dan Cak Imin, Mendes Eko diduga mengacungkan jari telunjuk sebagai bentuk dukungan kepada Jokowi.

Bila benar demikian, Mendes Eko dapat terjerat sanksi pelanggaran Pasal 281 ayat 1 huruf a dan b, dan ayat 2 UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dan Pasal 62 nomor 23 tahun 2018 dan Pasal 59 ayat 3 huruf b dan c tentang kampanye melibatkan menteri. [rhm]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini