Setelah PT HBL, Polda Sumsel Bidik 2 Korporasi Dalam Kasus Karhutla

Selasa, 24 September 2019 14:16 Reporter : Irwanto
Setelah PT HBL, Polda Sumsel Bidik 2 Korporasi Dalam Kasus Karhutla Ilustrasi

Merdeka.com - Setelah menetapkan Direktur Operasional PT HBL berinisial AK, Kepolisian Daerah Sumatera Selatan tengah membidik dua korporasi dalam kasus tindak pidana kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Jika terbukti, statusnya ditingkatkan menjadi penyidikan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel Kombes Pol Zulkarnain mengungkapkan, kedua perusahaan itu satu di antaranya berada di Kabupaten Ogan Ilir. Luasan lahan milik kedua perusahaan yang terbakar belum dihitung, tetapi diperkirakan cukup siginifikan.

"Kami lagi menyelidiki dua perusahaan, ada di Ogan Ilir dan satunya ada lah, yang jelas di Sumsel," ungkap Zulkarnain, Selasa (24/9).

Menurut dia, cukup sulit untuk membuktikan kelalaian perusahaan. Untuk kasus PT HBL saja, penyidik harus meminta keterangan enam orang saksi ahli sehingga penetapan tersangka dan dilanjutkan penahanan.

"Memang perlu waktu, tapi kami segerakan. Kami segera panggil saksi ahli dan menyelidiki di lokasi yang terbakar," ujarnya.

Zulkarnain berjanji akan memproses setiap perusahaan yang lahannya terbakar. Apakah ada unsur kesengajaan atau kelalaian nantinya bisa diketahui dari temuan penyidik.

"Semuanya bakal diproses, baik temuan petugas atau laporan masyarakat," pungkasnya. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini