Setelah Layanan Dalam Satu Genggaman, Kini Layanan Cepat Di Mall Pelayanan Publik

Rabu, 27 Februari 2019 15:27 Reporter : Syintia Samantha
Setelah Layanan Dalam Satu Genggaman, Kini Layanan Cepat Di Mall Pelayanan Publik Mal Layanan Publik Tangerang. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Kota Tangerang terus melakukan terobosan dan inovasi dalam menyediakan pelayanan kepada masyarakat. Setelah berhasil membuat layanan dalam satu genggaman dengan menghimpun sejumlah aplikasi melalui Tangerang LIVE. Pemkot Tangerang kini menguatkan Pelayanan Terpadu Satu Atap melalui Mall Pelayanan Publik.

Hingga akhir tahun 2018, sebanyak 174 Aplikasi berhasil dibuat Pemkot Tangerang. Aplikasi pelayanan publik dan pemerintahan. Khusus untuk aplikasi pelayanan publik disediakan bagi masyarakat seperti bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, wisata, tenaga kerja, layanan pengaduan, hingga bisa zakat secara online. Dengan adanya aplikasi Tangerang LIVE yang menghimpun seluruh layanan maka masyarakat akan semakin mudah karena segalanya dapat diketahui melalui satu genggaman ponsel.

mal layanan publik tangerang

Mal Layanan Publik Tangerang ©2019 Merdeka.com

Sementara untuk Mall Pelayanan Publik, merupakan salah satu peningkatan pelayanan yang disiapkan Pemkot Tangerang untuk masyarakat. Segala urusan administrasi kependudukan dan lainnya, tersedia dalam satu lokasi. Sehingga pelayanan akan semakin cepat karena berada dalam satu atap.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pembuatan Mall Pelayanan Publik sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Penetapan Lokasi Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Tahun 2018.

Ditambah lagi, Kota Tangerang dijadikan pilot project oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam penerapan Mall Pelayanan Publik. Untuk tahap awal, Mall pelayanan publik di Kota Tangerang telah dijalankan sejak bulan November 2018 setelah melalui proses peninjauan dan pembahasan.

mal layanan publik tangerang

Mal Layanan Publik Tangerang ©2019 Merdeka.com

Sejumlah layanan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Tangerang yang telah bergabung dan berjalan yakni perizinan bidang modal, bidang pembangunan, bidang pajak bumi dan bangunan, bidang air tanah, reklame, kartu kuning, akta kelahiran dan beberapa lagi.

Begitu juga dari lembaga vertikal lainnya seperti Polres Metro Tangerang yang membuka perpanjangan SIM, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan serta Samsat. Selanjutnya, dalam waktu dekat ini akan diintegrasikan lagi pelayanan lainnya seperti PDAM Tirta Benteng, PLN, Imigrasi hingga Kantor Pos.

"Jadi, Mall Pelayanan Publik di Kota Tangerang bertujuan untuk menciptakan pelayanan yang nyaman, praktis, lengkap dan transparan. Konsepnya adalah agar semua layanan untuk kebutuhan masyarakat berada di satu tempat," ujarnya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Berita Kota Tangerang
  3. Tangerang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini