Seribu Dewi dan Desa Cemara jaminan kepedulian Gus Ipul-Puti Majukan Masyarakat Desa

Rabu, 14 Maret 2018 07:50 Reporter : Bruriy Susanto
Puti bertemu warga Lumajang. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno terus jalin silahturahim dengan menjaring aspirasi dari masyarakat. Khususnya untuk warga yang berada di sekitar Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Cucu Bung Karno yang maju mendampingi Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf ini pun menawarkan sejumlah program unggulannya. Di hadapan kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan pegiat UMKM di sekitar wisata alam hutan bambu Puti bertekad akan membangun 'Seribu Desa Wisata' (Seribu Dewi).

"Saya bersama Gus Ipul ada tiga dari sekian program yang kami tawarkan untuk membangun desa. Program itu desa cemara, dik dilan, dan seribu dewi. Karena, saya melihat di Lumajang ini banyak potensi wisata yang perlu sentuhan pemerintah," kata Puti, panggilan akrabnya, Selasa (12/3).

Puti bertemu warga Lumajang 2018 Merdeka.com

Dalam orasi politik kampanye, cucu Bung Karno menjelaskan program Desa Cemara yang merupakan desa cerdas maju sejahtera. Kemudian juga program Seribu Dewi, dimana program ini pengembangan dari desa untuk menjadi desa wisata. Program ini memperkuat pariwisata dan akan mampu menyerap ratusan ribu lapangan pekerjaan baru.

Ke depan, kata Puti, Gus Ipul - Puti akan memberikan pelatihan manajerial, digital marketing, dan akses modal usaha. "Karena bagian dari pengembangan desa wisata maupun desa cemara ini diperlukan kualitas sumber daya yang mampu memanagerial desa untuk dipromosikan ke masyarakat luar maupun internasional," katanya.

Disamping itu, Puti juga mengenalkan program Dik Dilan pendidikan gratis berkelanjutan di tingkat SMA/ SMK di Jawa Timur. "Nawacita dari Pak Jokowi adalah inspirasi Gus Ipul dan saya. Kalau terpilih, kami akan memperkuat pelaksanaan Nawacita di Jawa Timur," kata mantan anggota DPR RI Komisi X.

Puti bertemu warga Lumajang 2018 Merdeka.com

Menurut dia, masalah pendidikan jangan sampai ada orang tua yang mempunyai anaknya hanya lulus pendidikan SMP. Karena, sekarang ada program pendidikan 12 tahun ini wajib lulus. "Gus Ipul bersama saya menggratiskan pendidikan SMA/ SMK. Memberikan beasiswa untuk anak siswa yang berprestasi. Ini untuk mencerdaskan anak bangsa," ujar Puti.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Sumbermujur, Utsman mengaku senang. Menurut Utsman, Puti sudah memberikan semangat baru menumbuhkan perekonomian di sekitar desa setempat. Seperti menciptakan pokdarwis dengan 50 anggota, sentra UKM.

"Saya doakan Mbak Puti jadi Wakil Gubernur Jawa Timur supaya sering datang di wisata alam hutan bambu. Untuk pengembangan obyek wisata," pinta Ustman.

Menanggapi hal itu, Puti langsung mengamini. Namun, katanya, jangan lupa untuk mewujudkan program-program tersebut ada satu syarat yaitu memberikan dukungan, agar bisa menang dalam pilgub Jatim 2018 ini.

"Untuk mewujudkan itu, maka pilih nomor urut dua, memenangkan saya yang mendampingi Gus Ipul sebagai Gubernur Jawa Timur. Nantinya akan saya kenalkan wisata ini melalui koneksi digital. Seperti melalui sosial media, facebook, instagram," kata Puti. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini