Seribu desa wisata Gus Ipul-Puti, bakal serap 200 ribu lapangan kerja

Jumat, 23 Februari 2018 13:17 Reporter : Fahmi Azis
Seribu desa wisata Gus Ipul-Puti, bakal serap 200 ribu lapangan kerja Gus Ipul - Puti. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pariwisata merupakan salah satu sektor strategis nasional sebagai penyumbang devisa, instrumen pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat. Ini yang disadari penuh oleh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno.

Paslon nomor urut dua ini juga melihat dengan potensi wisata yang besar, Jawa Timur seharusnya dapat mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi saat ini. Terutama terkait masalah pengangguran. Dalam program andalannya, Gus Ipul bercita-cita dapat mengatasi masalah pengangguran utamanya saat bonus demografi Jatim pada tahun 2019-2020.

"Kita harus berorientasi padat karya. Kalau kita hanya mengandalkan investasi asing seringkali tidak sesuai harapan kita. Investasi penanaman modal asing (PMA) Rp 1 miliar hanya untuk satu tenaga kerja. Kalau kita yang investasi Rp 1 miliar ini bisa sampai 20-30 tenaga kerja kita," ungkap dia, di Batu (21/2).

Salah satu program yang diluncurkan Gus Ipul-Puti, ialah program Seribu Desa Wisata (Seribu Dewi). Program ini diluncurkan untuk memperkuat pariwisata dan mencorong terciptanya ratusan ribu lapangan pekerjaan baru.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan 1.000 desa wisata baru berbasis budaya, alam, reliji, agro, dan maritim," ujarnya. Juga memfasilitasi kelompok sadar wisata (pokdarwis) dengan pelatihan manajerial, digital marketing, dan akses modal usaha.

Dalam rancangan kerjanya, Gus Ipul-Puti menargetkan dari 1.000 desa wisata itu nantinya bakal lahir sekitar 200 ribu lapangan pekerjaan untuk warga di sekitar desa wisata nantinya.

"Ini ikhtiar kita untuk mendatangkan 2,5 juta wisatawan mancanegara ke Jawa Timur untuk menggerakkan ekonomi rakyat," dia. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini