Sepanjang tahun ini, kasus kematian bayi di Aceh capai 1.034

Minggu, 29 Desember 2013 00:01 Reporter : Afif
Sepanjang tahun ini, kasus kematian bayi di Aceh capai 1.034 Ilustrasi bayi. Shutterstock/Anneka

Merdeka.com - Angka kematian bayi di Aceh meningkat sekitar 5 persen. Pada 2012 lalu kematian bayi hanya 985 kasus, tapi tahun ini meningkat menjadi 1.034 kasus.

Kepala Seksi Kesehatan Ibu anak dan Gizi Dinas Kesehatan Aceh Sulasmi, menyebut kematian bayi di Aceh akibat kekurangan gizi, baik kala janin masih di dalam kandungan atau bayi di bawah satu tahun.

"Lebih dari 45 persen bayi meninggal karena kekurangan gizi," kata Sulasmi saat menghadiri Workshop Strategi Komunikasi untuk Pembangunan dalam Pengurangan Stunting di Aceh, Sabtu (28/12).

Sulasmi menjelaskan, dari data tersebut terjadi peningkatan kematian bayi. Ini tentu sangat memprihatinkan bila tidak ditangani secepatnya. "Artinya makin lama makin banyak bayi di Aceh meninggal," ujarnya.

Dia melanjutkan, berdasarkan data Data Riset Kesehatan Dasar Riskesdas 2010, sebanyak 23,7 persen anak Aceh mengalami gizi buruk. Angka ini jauh di atas angka gizi buruk nasional yang berjumlah 18,4 persen.

Padahal, Sulasmi menambahkan, kecukupan gizi sangat mempengaruhi kehidupan bayi dan anak-anak di bawah usia lima tahun.

"Pengaruh gizi buruk selain meninggal juga berpengaruh pada perkembangan tubuh dan otak anak. Gizi buruk juga menyebabkan anak lebih pendek 4,6 sentimeter pada saat dewasa nanti," imbuhnya.

Oleh sebab itu Dinas Kesehatan Aceh akan berupaya menekan angka anak gizi buruk pada 2015 hingga di bawah 15 persen, sesuai dengan target MDGs. Pengaruh lain adalah stunting (kondisi yang menyebabkan anak-anak lebih pendek).

Menurut dia, pada 2010 menunjukkan 38,9 persen anak Aceh mengalami stunting. Stunting mempengaruhi kemampuan daya saing, kecerdasan, produktivitas, dan rendahnya kemampuan motorik anak. "Ini karena perkembangan otak tidak sempurna," terang Sulasmi.

Baca Juga:

Gita: Gizi buruk terjadi karena tidak merata layanan kesehatan

Gubernur Atut bergelimang harta, masih ada sekolah mirip kandang

Jelang SBY lengser, kasus gizi buruk muncul di Jambi [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Gizi Buruk
  3. Kesehatan Bayi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini