Seorang Nenek di Bali Sakit dan Tidak Terawat, Petugas Temukan Belatung pada Pakaian

Rabu, 24 Maret 2021 16:25 Reporter : Moh. Kadafi
Seorang Nenek di Bali Sakit dan Tidak Terawat, Petugas Temukan Belatung pada Pakaian Nenek GSI di Denpasar. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang nenek berinisial GSI (69), diketahui sakit. Di sekitar tubuhnya ditemukan belatung. Peristiwa itu diketahui pada Selasa (23/3) sore kemarin.

Nenek itu kemudian dievakuasi oleh petugas Puskesmas ll Denpasar Barat, Bali, dengan BPBD Kota Denpasar, dengan mobil ambulans di rumahnya yang berlokasi di Jalan Kartini, Denpasar, Bali.

Nenek tersebut diketahui terlihat tidak terawat dan ditemukan belatung pada baju dan celana yang digunakan. Akhirnya petugas mengevakuasinya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wangaya Denpasar, Bali.

Sementara, Novi selaku Petugas medis Damakesmas Denpasar Barat II, menerangkan bahwa pasien tersebut mengalami penurunan kesadaran. Selain itu, nenek tersebut juga diduga mengalami gangguan kejiwaan.

"Iya benar kemarin kami melakukan evakuasi," kata Novi saat dihubungi, Rabu (24/3).

Kemudian, Nenek tersebut dirujuk ke RSUD Wangaya, Denpasar, Bali, untuk mendapatkan perawatan. Namun, Novi belum menerangkan bagaimana nenek tersebut bisa dalam kondisi seperti itu.

Sementara itu, Kasubag Hukum dan Humas RSUD Wangaya, A.A Ngurah Suastika menyampaikan kondisi kesadaran pasien nenek GSI masih menurun. "Kesadarannya masih menurun, keadaan umumnya masih lemah," kata Suastika.

Namun untuk belatung disekitar tubuhnya sudah dibersihkan saat pasien memasuki ruang Unit Gawat Darurat (UGD) di RSUD Wangaya. "Luka-luka yang di bokong dan di betis itu sampai ada belantungnya. Setelah di rumah sakit Wangaya semuanya dibersihkan, belantungnya dibersihkan dan lukanya dirawat dan lain sebagainya," ujarnya.

"Sekarang pasien dirawat di ruang rawat inap di RSUD Wangaya. Kesadarannya masih menurun, kan baru tadi malam (dirawat)," sambungnya.

Ia menyampaikan, belatung di sekitar tubuh pasien disebabkan adanya luka di bokong dan di betis bagian kanan. Menurutnya, belatung tersebut cukup banyak tetapi sudah dibersihkan dan lukanya dirawat.

"Kalau belatung dan lain sebagainya sudah bersih. Iya lumayan (banyak). Karena ada luka di bokong dan di betis kanan. Yang jelas, lukanya mungkin tidak terawat dengan baik. Waktu di rumah mungkin lukanya tidak terawat dengan baik sehingga akhirnya sampai ada belantungnya," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, pasien tersebut saat ini ditemani oleh keponakannya sekarang. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kemiskinan
  3. Denpasar
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini