Sempat Pulang Kampung, 10 Mahasiswa Papua Kembali ke Kampus di Pulau Jawa

Kamis, 3 Oktober 2019 13:41 Reporter : Kirom
Sempat Pulang Kampung, 10 Mahasiswa Papua Kembali ke Kampus di Pulau Jawa Anak pengungsi Nduga di Kota Wamena. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - 10 Mahasiswa asal Papua kembali ke tempatnya menimba ilmu di pelbagai perguruan tinggi di Pulau Jawa, Kamis (3/10). 10 Mahasiswa ini sebelumnya memilih pulang kampung ke tanah kelahiran mereka setelah konflik terjadi di Papua beberapa waktu lalu.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Mandala Trikora Organisasi Papua, Albert Ali Kabiyai mengungkapkan, pihaknya bersama pemerintah Papua berusaha mengajak para mahasiswa itu kembali menimba ilmu ke kota mereka masing-masing.

Dia menegaskan, kejadian yang terjadi di tanah Papua, tidak perlu dikhawatirkan mahasiswa Papua sehingga mengganggu aktivitas belajar mahasiswa di kota tempat menimba ilmu.

"Inisiatif kami senior-senior untuk mengantar mereka ke sini kembali, ke kota studi masing-masing untuk melanjutkan kuliah. Kita ada 10 orang, dua kakak senior dan delapan adik-adik mahasiswa. Mengingat, beberapa waktu lalu kondisi di tanah Papua memang sempat tidak kondusif karena eksodus atau kembalinya ratusan mahasiswa ke tanah kelahirannya di Papua," kata Albert Ali Kabiyai di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Kamis (3/10).

Albert menjelaskan, 10 mahasiswa Papua yang diantarkan ke kota studinya itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat Batik Air ID-6181. Para mahasiswa ini terbang dari Papua menuju Jakarta dan menuju kota-kota studi mereka.

Albert menerangkan, 10 mahasiswa Papua yang dipulangkan itu adalah mahasiswi yang berkuliah di Jakarta, Bandung, Bogor, Salatiga, dan Yogyakarta.

"Mereka harus lanjutkan kuliah, jangan terpengaruh isu-isu yang menyesatkan. Mereka harus kembali bangun tanah Papua," ujarnya.

Albert menyebut, ke depannya tidak menutup kemungkinan akan kembali mengajak sejumlah mahasiswa untuk kembali ke perguruan tinggi masing-masing.

"Saya juga merangkul mahasiswa yang ingin balik, saya juga mengimbau yang mau balik ke kota tempat studi hubungi kaka nanti kita bantu untuk balik ke kota studi," ungkapnya. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini