Sempat Berhenti, 3 Rumah Sakit di Solo Kembali Layani Pasien BPJS

Senin, 7 Januari 2019 12:16 Reporter : Arie Sunaryo
Sempat Berhenti, 3 Rumah Sakit di Solo Kembali Layani Pasien BPJS Sempat Berhenti, 3 Rumah Sakit di Solo Kembali Layani Pasien BPJS. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Tiga rumah sakit (RS) di Solo Raya yang diputus kerja samanya dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, 2 Agustus lalu, kini bisa bernapas lega. Mulai hari ini mereka diperbolehkan untuk kembali melayani pasien pemegang kartu BPJS.

Ketiga RS tersebut adalah RS Umum Islam (RSUI) Kustati Solo, RS Amal Sehat Sragen dan RS Amal Sehat Wonogiri. BPJS melakukan perpanjangan kerja sama dengan ketiga RS tersebut, Senin (7/1). Dengan ditandatangani kerja sama tersebut maka mulai hari ini pasien BPJS bisa dilayani.

"Dengan turunnya rekomendasi dari Menteri Kesehatan, maka kerja sama dengan ketiga RS bisa dilanjutkan. Kami berharap, dengan diteruskannya kerja sama ini bisa membuat kondisi kembali tenang," ujar Kepala BPJS Kesehatan Solo, Agus Purwono.

Ia menambahkan, pihak rumah sakit diharapkan kembali bekerja dan tidak ada beban lagi, sehingga semuanya berjalan normal. Sehingga tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat, akibat harus mencari rumah sakit untuk pemindahan pasien.

"Setelah penandatanganan ini, otomatis rumah sakit yang sebelumnya sempat menghentikan pelayanan bisa kembali melayani BPJS," katanya.

Terkait akreditasi ketiga RS, Agus menjelaskan hal itu bisa dilakukan sembari kerja sama berjalan.

Direktur Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri, Rizky Mukti Sejati mengemukakan, usai berhentinya kerja sama, pihaknya melakukan pengalihan sejumlah pasien BPJS ke rumah sakit lain. Pasien yang dialihkan ini adalah rumah sakit yang melakukan perawatan rutin atau berkala seperti cuci darah atau hemodialisa.

"Sejak berhenti kerja sama dengan BPJS ada sekitar 25 pasien hemodialisa kami alihkan ke rumah sakit lain. Hari ini kami akan langsung membuka pelayanan pasien BPJS," pungkas dia. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini