Seminggu Ditutup Akibat Covid-19, Pasar Harjodaksino Solo Kembali Dibuka

Selasa, 21 Juli 2020 11:52 Reporter : Arie Sunaryo
Seminggu Ditutup Akibat Covid-19, Pasar Harjodaksino Solo Kembali Dibuka Pasar Harjodaksino Solo. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pasar Harjodaksino Solo, kembali dibuka, Selasa (21/7). Ratusan pedagang kembali memenuhi pasar yang ada di Jalan Yos Sudarso, Gemblegan, Kelurahan Danukusuman, Solo itu. Ratusan pedagang sayur oprokan juga memenuhi jalan Dewi Sartika di selatan pasar.

Seperti diberitakan sebelumnya, pasar Harjodaksino atau lebih dikenal dengan sebutan Pasar Gemblegan ditutup sejak 14 hingga 20 Juli. Penutupan dilakukan setelah seorang pedagang asal Bendosari, Sukoharjo yang sakit dan meninggal dunia dinyatakan positif Covid-19.

"Sesuai kebijakan pak wali (Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo), pasar Harjodaksino kita tutup selama sepekan. Hari ini sudah kita buka kembali," ujar Lurah Pasar Harjodaksino, Listianto, Selasa (21/7).

Listianto menyampaikan setelah dibuka hari ini, pihaknya lebih ketat dalam penerapan protokol kesehatan. Para pedagang dan pembeli diharapkan mematuhi peraturan yang ditetapkan. Untuk memantau kondisi pasar, Dinas Perdagangan setempat menerjunkan petugas gabungan dari Satpol PP, TNI dan Polri.

"Di sana ada petugas gabungan TNI, Polri dan Satpol PP yang rutin berpatroli," katanya.

Para petugas memastikan tidak ada pedagang dan pembeli yang melanggar protokol kesehatan. Pihaknya juga melarang pedagang yang sakit berjualan di pasar.

"Pedagang yang sakit tidak boleh berjualan dulu. Kita tidak ingin kejadian serupa terulang," tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar pedagang ikut mengingatkan para pembeli yang tidak memakai masker untuk pulang. Jika masih menemukan banyak pelanggaran protokol kesehatan di pasar, Pemkot Solo tidak segan menutup kembali pasar.

"Mohon kerjasama semua pihak untuk memutus rantai penyebaran virus corona di pasar. Mari kita saling mengingatkan dan patuhi protokol kesehatan," tandasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini