Selama Sepekan Pulau Jawa Kontribusi 53 Persen Kasus Positif Covid-19

Selasa, 1 Juni 2021 15:01 Reporter : Yunita Amalia
Selama Sepekan Pulau Jawa Kontribusi 53 Persen Kasus Positif Covid-19 Pasien Covid-19 jalani perawatan intensif di RS Bogor. ©REUTERS/Willy Kurniawan

Merdeka.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyebutkan, pulau Jawa menyumbang 53 persen kasus positif Covid-19 nasional. Persentase ini terjadi sejak periode 24 - 30 Mei 2021.

"Pulau Jawa merupakan penyumbang kasus positif terbesar dalam satu pekan terakhir dengan total jumlah kasus 21.591 atau berkontribusi 53 persen dari seluruh kasus nasional," ucap Wiku saat konferensi pers melalui channel Youtube BNPB, Selasa (1/6).

Dia merinci lima provinsi dengan penambahan jumlah kasus positif tertinggi dalam satu pekan terakhir. Jawa Barat 7.246 kasus, Jawa Tengah 5.568 kasus, DKI Jakarta 5.324 kasus, Riau 4.737 kasus, dan Kepulauan Riau 2.008 kasus.

Wiku memaklumi tingginya kontribusi Pulau Jawa dalam penambahan kasus positif. Selain kepadatan jumlah penduduk, aktivitas mudik didominasi berada di Pulau Jawa dibanding di pulau-pulau lain di Indonesia.

Mempertimbangkan hal itu, Wiku mengimbau seluruh kepala daerah di Pulau Jawa saling berkonsolidasi untuk menemukan rumusan kebijakan menekan angka kasus positif Covid-19.

"Seluruh provinsi di Pulau Jawa harus melakukan konsolidasi antar wilayah. Penanganan di Pulau Jawa dengan Karakteristik wilayah yang mirip perlu ditangani secara bersama-sama agar kebijakan yang diterapkan sejalan," imbau Wiku.

Menurutnya, apabila tren kasus di Pulau Jawa dapat ditekan dengan maksimal, berdampak positif terhadap penurunan kasus nasional secara signifikan.

"Apabila provinsi di Pulau Jawa memperbaiki penanganan kasusnya dalam kurun 1-2 minggu ke depan bukan tidak mungkin kasus positif di tingkat nasional juga akan turun secara drastis." [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini