Selama Dampingi Alex Noerdin, Eks Wagub Sumsel Mengaku Tak Diberi Kewenangan

Rabu, 29 September 2021 17:21 Reporter : Irwanto
Selama Dampingi Alex Noerdin, Eks Wagub Sumsel Mengaku Tak Diberi Kewenangan Alex Noerdin diperiksa Kejagung. ©2016 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Mantan Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Eddy Yusuf turut diperiksa bersama 8 saksi lain dalam kasus pembelian gas bumi oleh PDPDE yang melibatkan Alex Noerdin sebagai tersangka. Eddy Yusuf mendampingi Alex memimpin provinsi itu pada periode 2008-2013.

Usai diperiksa Eddy Yusuf mengaku dirinya diperiksa dalam kapasitas sebagai mantan Ketua Badan Pengawas PDPDE Sumsel. Pertanyaan oleh penyidik hampir sama ketika pemeriksaan di Kejaksaan Agung di Jakarta beberapa waktu lalu, yakni perihal pembagian fee anggaran.

"Berulang-ulang yang ditanyakan sama saja kayak di Jakarta. Saya dulu ditunjuk pak gubernur (Alex Noerdin) sebagai Ketua Badan Pengawas," ungkapnya, Rabu (29/9).

Menurut dia, keterlibatan Alex dalam kasus itu sudah sangat maklum. Eddy Yusuf mengaku sangat mengenal Alex, sejak dirinya menjadi Bupati OKU dan Alex Noerdin sebagai Bupati Musi Banyuasin yang kemudian berpasangan memimpin Sumsel pada 2008 hingga 2013.

"Sebagai mantan pejabat, saya cuman sudah bisa membayangkan dari awal. Saya paham karena menemaninya dari awal, jadi paham. Kejadian ini (Alex jadi tersangka) sudah sangat maklum," ujarnya.

Selama mendampingi Alex Noerdin, Eddy Yusuf mengungkap tak pernah dilibatkan dalam hal teknis dan mengambil keputusan strategis. Alhasil, Eddy Yusuf hanya menghadiri kegiatan ecek-ecek meski kapasitasnya wakil gubernur.

"Waktu itu saya wagub tidak diberi kewenangan apapun dalam menjalankan pemerintah provinsi, maka saya hanya menghadiri wisuda, undangan-undangan resmi, biasalah. Kamu sendiri tahu soal itu," ungkapnya.

Menurut dia, langkah Kejagung memproses kasus ini sudah tepat. Dugaan penyelewengan anggaran sangat terbuka.

"Kalau ada tersangka kan artinya ada penyelewengan," pungkasnya. [fik]

Baca juga:
Periksa 9 Saksi, Kejagung Dalami Keterlibatan Alex Noerdin di Kasus Korupsi PDPDE
Kasus Korupsi Masjid Raya, Alex Noerdin Bantah Perintahkan BPKAD Anggarkan Rp100 M
Kejati Sumsel Tidak Tahan Tiga Tersangka Baru Dugaan Korupsi Masjid Sriwijaya
Noerdin
Noerdin
Noerdin

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini